Are You a Zetizen?
Show Menu

Syarat Masuk Sekolah Pilot Harus Lulus S1 Dulu

Fahri Syadia Fahri Syadia 02 Feb 2017
Syarat Masuk Sekolah Pilot Harus Lulus S1 Dulu

Zetizen.com – Kementerian Perhubungan ternyata sedang melakukan evaluasi gara-gara kritik yang dilontarkan ke dunia penerbangan Indonesia akhir-akhir ini. Salah satu hasil evaluasinya adalah menaikkan syarat masuk sekolah pilot. Sebelumnya, lulusan SMA/sederajat boleh mendaftar sekolah pilot. Tapi sekarang, calon Pilot harus lulus S1 dulu. Apa tujuan di balik aturan baru Sekolah Pilot ini?

Lulusan S1 Lebih Matang Secara Mental dan Wawasan

Masih ingat kasus pilot yang kepergok mabuk saat mau menerbangkan pesawat kan? Gara-gara kejadian itu, masyarakat jadi meragukan dunia penerbangan Indonesia. Apalagi, ada data yang menyebutkan kalau sekitar 900 Pilot menganggur. Masyarakat pun mempertanyakan keefektifan dunia penerbangan Indonesia. Oleh karena itu, Menteri Perhubungan Budi Karya menjawab dengan keputusan tegas bahwa tahun ini calon Pilot harus lulus S1.

‘‘Saya sudah bicara. Sedang digodok. Harapannya, ada kedewasaan dan wawasan lebih luas,’’ tutur Budi.

Sebelumnya, lulusan SMA berumur 18 tahun bisa mendaftar sekolah pilot. Lalu, dia akan menempuh pendidikan Pilot selama kira-kira 18 bulan. Jadi, sekitar usia 20 tahun sudah bisa menerbangkan pesawat secara legal. Nah, usia itu dianggap terlalu muda. Kalau sudah lulus S1, berarti Pilot itu lebih matang secara usia dan juga punya ilmu dasar yang lebih luas.

‘‘Ada keraguan soal kematangan umur ini. Jadi muncul usulan dari Pak Menteri soal pendidikan S1. Dari masa pendidikan ini, wawasannya semakin luas,’’ jelas Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo.

Umur 20 tahun, lulusan Sekolah Pilot bisa menerbangkan pesawat secara legal (Foto: YouTube)

Kabar Positif buat Dunia Penerbangan Indonesia

Nah, buat kamu yang bercita-cita jadi pilot, jangan menganggap rencana ini berdampak negatif. Sebab, banyak hal positif dengan menjadi Pilot lulusan S1. Misalnya dari standar internasional. Di luar negeri, umumnya seorang Pilot memang harus lulus S1 dulu. Indonesia aja yang terbilang ‘‘berani’’ karena memperbolehkan lulusan SMA menempuh pendidikan pilot. Jadi, perubahan aturan ini bakal menyetarakan syarat pemberian Commercial Pilot License (CPL) Indonesia menjadi standar internasional.

Sedangkan buat taruna-taruna yang sudah terlanjur menempuh pendidikan Pilot sejak lulus SMA, mereka akan meneruskan sampai lulus. ‘‘(Peraturan itu, Red) belum berlaku karena harus habiskan dulu yang sudah ada,’’ imbuh Wahju.

Peraturan baru ini pun menjadi kabar baik bagi anak-anak yang sudah kuliah dan diam-diam pengin jadi pilot. Mereka bisa mencoba daftar sekolah penerbangan lagi setelah lulus S1. Oh ya, program studi (jurusan) yang bakal diprioritaskan untuk masuk Sekolah Pilot adalah jurusan IPA, terutama jurusan teknik. Yang mau daftar kuliah, pertimbangan baik-baik ya!

Siapa tertarik jadi pilot?

Sumber: Jpnn | Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article