(foto: emaze)

 

Zetizen.com - Sebagai generasi paling muda di dunia, generasi Z punya banyak keunikan yang nggak dimiliki generasi sebelumnya. Generasi ini adalah generasi pertama yang lahir ditengah teknologi dunia yang sangat maju. Internet, Komputer, TV kabel, bahkan gadget udah tersedia sejak kamu baru lahir ke dunia.

That's why, sebagai bagian dari generasi Z, kamu harus siap menghadapi masa depan yang bakal penuh tantangan. Buat memulainya, coba deh baca sama fakta-fakta berikut supaya kamu ngerti, apa yang harus kamu lakukan buat mengejar cita-cita. Ciao!

 

(foto: twitter)

All About Competition

Lahir ditengah kemajuan teknologi dan informasi yang super cepat, generasi Z mau nggak mau harus selalu update dan sigap melihat kesempatan yang muncul. Keadaan kayak gini bikin kamu-kamu yang jadi bagian generasi ini jadi super kompetitif.

Bahkan kebiasaan berkompetisi ini juga muncul sampai ke hal-hal kelihatannya nggak penting. Coba deh perhatiin, kebiasaan banyak-banyakan like dan share di sosial media hampir sebagian besar muncul setelah generasi Z hadir. 

Sementara soal prestasi dan pekerjaan, lebih dari 70% generasi Z mengaku bakal bekerja lebih keras dari orang tua, dan orang-orang generasi sebelum mereka. Nahloh! Makanya, kamu nggak boleh males-malesan nih kalau mau sukses.

 

Bakal Jadi Populasi Terbesar di Dunia

Guys, dalam sepuluh atau dua puluh tahun lagi, kamu dan teman-teman se-generasimu bakal jadi bagian demografi dengan jumlah populasi terbanyak di dunia. Ini berarti, persaingan juga bakal makin ketat. 

Jadi kalau sekarang kamu masih sering terpaku sama kebiasaan-kebiasaan kuno yang dibawa sama generasi-generasi sebelumnya, mending cepetan move on deh! Inget tuh, jangan sampai kesaing sama teman-temanmu yang udah lebih dulu beradaptasi sama perubahan kultur yang baru.

 

(foto: aseponde)

Siap Siap Jadi Entrepreneur

Apa sih tujuan kamu sekolah dan kuliah? Kalau kamu menjawab "Supaya dapet kerjaan yang bagus,", mending pikir-pikir lagi deh. Soalnya, menurut lembaga survey Robert Hall, Amerika, cuma 24% anak di generasi Z yang punya cita-cita jadi karyawan dan menapaki jenjang karir perusahaan. 

Sisanya? mereka pengin bersaing sebagai entreprenur dan memanage anak buah untuk membangun cita-cita mereka. Ini berarti, kamu harus jadi makin kreatif buat bisa bersaing ditengah industri global yang bakal mulai didominasi startup! Gimana, udah siap?

 

(foto: hubspot)

Generasi Paling Open Minded dan Cepat Belajar

Keberadaan informasi yang nggak pernah jauh dari genggaman tangan ternyata bikin generasi Z cepat mempelajari berbagai informasi baru. Efeknya, makin banyak anak muda open-minded yang berpikiran kritis.

Nah, kalau digabung dengan sifat kompetitif dan kemauan bekerja keras tadi, kamu bakal punya lingkungan yang dipenuhi orang-orang smart yang punay banyak pengetahuan dan skill. Kalau udah begini, berarti tinggal kamu yang harus pintar-pintar mencari cara buat membangun network dan melakukan kerjasama dengan bagian generasi Z lain.

 

Selalu Ingin Menciptakan Dampak Positif Buat Dunia

Sebagai generasi paling muda, ternyata kebanyakan gerasi Z justru punya impian yang paling besar. menurut lembaga survei Robert Half, keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat ini termasuk prioritas utama dalam karir selain kesempatan berkembang dan pendapatan yang baik. 

Keren banget kan? Iya emang keren kok. That's why, biar kamu nggak kalah saing dengan teman-temanmu yang lain, kamu juga harus punya cita-cita yang nantinya bakal memberikan dampak positif buat dunia. And guess what, bentuknya bisa macem-macem loh! Misalnya dengan mulai melakukan hal-hal kecil yang bisa memberikan kebahagiaan buat kamu dan lingkungan sekitarmu. 

 

Ohiya, ngomong-ngomong soal aksi positif, kamu bisa memulainya sekarang juga loh! Langsung aja ikut jadi bagian dari teman-teman Zetizen se-Indonesia yang bergabung di Kompetisi Zetizen Go to New Zealand 2k17.

Kompetisi ini adalah ajang kamu buat unjuk aksi positif yang udah kamu lakukan selama ini. Dan nantinya, lewat aksi positifmu itu, kamu bakal berkesempatan memenangkan hadiah jalan-jalan ke New Zealand!

Penasaran? Langsung aja klik banner berikut ini!

 

 

 

 Sumber artikel: theoddyseyonline, Robert Half Survey "Get Ready for Generation Z"

Share
Create Your Own Article!