Zetizen.com - Hari senin, berarti saatnya Know More about New Zealand hadir kembali nih, Guys. Kayak minggu lalu, di rubrik ini kamu bisa menanyakan apa aja seputar New Zealand sesuai topik mingguan yang kita buka. Nah, topik minggu ini adalah ”Pengalaman Pelajar Internasional di Sekolah dan Universitas New Zealand. Wah apa aja ya kira-kira pertanyaan yang masuk? Simak yuk obrolan Zetizen bareng Education New Zealand.

 

 

Q: Saat akan belajar di New Zealand, ada nggak sih staff atau orang yang bakal membantu kita mengurus visa pelajar dan dokumen penting lainnya? - Timiaty Khadijah, SMAN 3 Jakarta, DKI Jakarta.

Education New Zealand: Untuk bisa belajar atau bekerja di New Zealand, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran langsung ke lembaga atau program yang kamu inginkan. Nah, saat kamu sudah mendapat konfirmasi bahwa kamu diterima, barulah kamu bisa mengurus visa belajarmu.

Untuk pengurusan visa ini, kami sangat menyarankan buat memakai jasa agen pendidikan. Saat ini, ada 25 agensi pendidikan yang kami rekomendasikan, dan kamu bisa cek daftarnya disini. Agen tersebut bisa membantu kamu untuk mempersiapkan pelatihan pendidikan, hidup dan bekerja di New Zealand. Namun, kalau kamu nggak menemukan agen yang cocok, kamu juga dipersilahkan buat mencari agen lain yang ada di Indonesia.

Untuk info detil seputar masalah ini, kunjungi https://www.studyinnewzealand.govt.nz/ 

 

 

Q: Ada nggak sih pertunjukan atau penampilan budaya setempat yang bisa membantu pelajar asing mengurangi culture shock? - Maaidah Dhona Catherine, MAN 1 Bekasi, Jawa Barat.

Education New Zealand: Hampir seluruh institusi pendidikan di New Zealand melakukan aktivitas orientasi bagi mahasiswa dan pelajar asing yang bergabung dengan mereka, di awal tahun ajaran. Nah, lewat aktivitas ini, para pelajar asing bisa bertemu dengan pelajar asing lainnya, sekaligus pelajar lokal yang berasal dari New Zealand. Dengan cara ini, kamu bakal dengan mudah mengetahui dan membaur dengan komunitas dan budaya New Zealand.

Selain itu, orientasi ini juga akan membuat pelajar asing bisa beradaptasi dengan lingkungan dan institusi yang mereka tempati.

 

 

Q: Kadang, pelajar internasional sulit beradaptasi dengan tempat baru. Ada nggak sih, komunitas atau orang-orang yang akan membantu kita beradaptasi dan merasa nyaman di beberapa hari pertama kita tinggal disana? - Savira Banase, SMA Katolik Giovanni Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Education New Zealand: Beradaptasi dengan tempat baru bisa sangat berat. Untuk itulah, pemerintah dan lembaga pendidikan New Zealand melakukan berbagai cara untuk memastikan pelajar internasional bisa beradaptasi dengan baik. Misalnya, New Zealand menjadi negara pertama yang menerapkan peraturan ketat mengenai cara-cara mengurus dan menerima pelajar internasional. Peraturan ini dibuat dengan batasan batasan yang tegas untuk menjamin host family maupun institusi pendidikan di New Zealand bisa menjamin kenyamanan dan kebutuhan pelajar internasional.

Tidak hanya itu, seluruh universitas di New Zealand memiliki departemen yang bertugas untuk menangani keperluan pelajar internasional. departemen ini bisa membantu pelajar mengurus berbagai hal seperti visa atau biaya pendidikan.

 

 

Q: Di Indonesia, nggak semua sekolah punya atau menerapkan kurikulum internasional. Apa murid dari Indonesia harus mengambil kelas penyetaraan sebelum memulai kuliah di New Zealand? - Muhammad Leonnov, SMAN 3 Jakarta, DKI Jakarta.

Education New Zealand: Tergantung dari kualifikasi ijazah yang dimiliki oleh murid tersebut. Kadang, ada beberapa kasus tertentu dimana seorang pelajar tidak perlu mengikuti kelas penyetaraan yang disebut foundation programme. Namun, hampir seluruh pelajar internasional harus mengikuti foundation programme, sebelum memulai jenjang perkuliahan. Terutama jika negara asal mereka bukan yang berbahasa Inggris.

Lama foundation programme ini sendiri biasanya satu tahun, tergantung dari institusi yang memberikan. Program ini berisi materi dan latihan untuk para calon mahasiswa dalam menghadapi suasana perkuliahan di New Zealand. Lewat program ini, kamu juga akan mendapatkan berbagai skill yang dibutuhkan di dunia kuliah sehingga beradaptasi juga jadi lebih mudah!

 

Ingin pertanyaanmu terjawab seperti teman-teman di atas? Kamu juga bisa ikutan program ini kok. Untuk minggu depan, kita akan membahas lebih detail tentang “Biaya Hidup dan Belajar di NZ”.

Kamu tertarik melanjutkan pendidikan di New Zealand? Ingin tahu gimana sih cerita orang-orang yang telah berkuliah di sana? Yuk tanyakan aja lewat kolom komentar di bawah ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share
Create Your Own Article!