Zetizen.com - Setelah Satu minggu penyelenggaraan, beberapa kota akan melaksanakan final party Honda DBL 2017 hari ini. Diantaranya adalah Makassar, Padang, dan Banjarmasin. Semua tim saling berambisi untuk meraih atau bahkan mempertahankan gelar. Seperti apa kira-kira persiapan mereka sebelum final party?

 

Tim Kuda Hitam Siap Taklukkan Juara Bertahan

SMAN 11 Makassar v SMA Dian Harapan Makassar(Putra)

SMAN 11 Makassar v SMA Dian Harapan Makassar(Putri)

SDH tak ingin menyia-nyiakan kesempatan kawin gelar mereka tahun ini(foto: DBL Indonesia)

            Secara mengejutkan, SMA Dian Harapan Makassar mampu melaju hingga babak final. Bahkan, mereka memiliki peluang untuk kawin gelar karena baik tim putra maupun tim putri sama-sama lolos ke babak final. Fundamental yang lebih matang dibanding tahun lalu menjadi poin penting mengapa mereka mampu menumbangkan sekolah-sekolah favorit lain. Meski begitu, SDH tak ingin mengendorkan permainan. Terlebih lawan mereka adalah juara bertahan yaitu SMAN 11 Makassar. “Untuk bisa juara, hal yang wajib kita upgrade adalah kekompakan tim,” ujar Agusnang, pelatih SMAN 11 Makassar

            Sebaliknya, Smanses, julukan SMAN 11 Makassar juga tak mau meremehkan lawan. Pasalnya, dilihat dari pertandingan-pertandingan sebelumnya SDH selalu menang telak dengan lawannya. Oleh sebab itu, Coach Smasnes Kurniawan Hazairin menekankan untuk terus fokus di dalam pertandingan. “Selama para pemain bisa fokus dan mental mereka kuat, kita yakin bisa mempertahankan gelar,” ujar Kurniawan.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Laga Revans Warnai Final Padang

SMA Don Bosco Padang v  SMAN 3 Bukittinggi (putra)

SMA Don Bosco Padang  v SMA Pembangunan Padang(putri)

Revans antara SMAN 3 Bukittinggi melawan SMA Don Bosco Padang diprediksi akan berlangsung panas (foto: DBL Indonesia)

 

            Persiapan yang dilakoni putra SMAN 3 Bukittinggi kali ini harus lebih matang. Sebab, mereka kembali bertemu dengan rival tahun lalu, yakni SMA Don Bosco Padang. Saat itu, mimpi SMAN 3 Bukittinggi untuk jadi champion dihentikan oleh DB, sebutan SMA Don Bosco Padang. Inilah saat yang tepat untuk membalas kekalahannya di musim lalu. Namun di kubu lawan, DB juga punya materi khusus untuk kembali menumbangkan SMAN 3 Bukittinggi di pertandingan nanti. Hal itu dilakukan semata untuk mempertahankan gelarnya.

            Sementara itu, pada sektor putri, ada SMA Pembangunan Padang kontra SMA Don Bosco Padang diprediksi akan panas. Tahun ini DB berkesempatan kawin gelar pada Honda DBL West Sumatera Series 2017. Di sisi lain, sebagai tim debutan, SMA Pembangunan Padang tidak gugup melawan DB. Sebab, mereka sudah mengantongi fundamental skill yang baik di setiap individu. Tak hanya itu, SMA Pembangunan Padang juga sudah mengantongi kelemahan lawan.

           

Tak Ingin Tumbang Dua Kali di Laga Final

SMAN 1 Banjarmasin v SMAN 7 Banjarmasin(putra)

SMAN 1 Banjarbaru v SMAN 2 Banjarmasin(putri)

Tahun lalu, SMAN 1 Banjarmasin harus menerima kekalahan telak 32-20 melawan SMAN 7 Banjarmasin (foto: DBL Indonesia)

Laga final Honda DBL 2017 South Kalimantan Series 2017 serasa mengulang final di tahun lalu. Pasalnya baik pertandingan final putra maupun final putri merupakan finalis musim lalu. Di sektor putri, kekalahan 47-38 dari SMAN 2 Banjarmasin membuat para srikandi SMAN 1 Banjarbaru sangat kecewa. Namun, tahun ini mereka memiliki kesempatan balas dendam. Di sisi lain, SMAN 2 Banjarmasin akan tampil all-out untuk mempertahankan gelar mereka.

 

Seakan tak mau kalah masalah persiapan, SMAN 1 Banjarmasin juga sudah mengantongi strategi khusus. Bahkan mereka selalu melihat permainan SMAN 7 Banjarmasin dari awal hingga fantastic four. Man to man defense akan dibuat seketat mungkin untuk memaksa SMAN 7 Banjarmasin di luar area threepoint. SMAN 7 Banjarmasin juga tak memberikan gelarnya dengan mudah ke SMAN 1 Banjarmasin. Sebab, fundamental yang lebih matang membuat SMAN 7 Banjarmasin lebih percaya diri untuk bermain di laga final.

Share
Create Your Own Article!