Zetizen.com - Buat pelajar SMA dan Kuliah presentasi di depan kelas rasanya udah jadi makanan sehari-hari. Namun, nggak semua orang bisa membawakan presentasi dengan baik. Padahal, presentasi yang membosankan bikin ilmu yang mau kita share jadi sia-sia saja. 

Makanya, sebagai generasi paling canggih, kita juga harus meningkatkan skill dan mengemas presentasi se-kreatif mungkin. FYI, presentasi yang membosankan seringkali terjadi karena kita kurang memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa bikin presentasi itu jadi lebih menarik. Mau tahu apa aja hal-hal kecil tersebut? Let’s check this out!

 

Berdandan rapi itu menarik (foto: bilingualamerica)

Berpenampilan Rapi dan Menarik

Melakukan presentasi berarti menampilkan diri didepan banyak orang. Di situasi kayak gini, penampilan jelas jadi salah sat faktor utama yang bisa menarik perhatian orang buat mendengarkan presentasimu. That's why, kamu harus bisa tampil rapi dan menarik. Kalau presentasimu berkelompok, mungkin kamu bisa coba pakai pakaian yang seragam atau senada. Tapi jangan sampai kamu overdressed terus jadi kayak boyband juga ya...

 

Kalau kamu ramah dan interaktif, audience nggak bakal bosen deh (foto: twitter)

Interaksi dengan Audience

Jika kita sudah memiliki visual yang enak dipandang, pastinya kita harus melakukan presentasi dengan menarik pula. Salah satu caranya adalah dengan melakukan interaksi dengan audience. Ini bisa disesuaikan dengan situasi dan keadaan, ya. Misalnya, saat audience terlihat mengantuk, kamu bisa mencoba interaksi yang mengundang tawa, hingga akhirnya audience dapat kembali focus dengan presentasi kamu. Atau, kamu juga bisa menyisipkan games atau tebak-tebakan kalau memungkinkan.

 

Menjawab dengan Lugas dan Cepat

Setelah memberikan materi, biasanya akan ada beberapa audience yang mengacungkan tangan dan mengajukan berbagai pertanyaan. Nah, sering kali kita meminta beberapa menit untuk mendiskusikan pertanyaan tersebut. Ini bukan hal yang salah, tapi sebenarnya bakal lebih baik kalau kita bisa langsung memberikan tanggapan pada audience. Sebab, jeda waktu yang terlalu lama bisa bikin suasana kelas jadi nggak kondusif seperti sebelumnya. Untuk itu, usahakanlah untuk menguasai materi yang akan dipresentasikan.

 

Memberikan reward atau gimmick buat audience itu fun kok (foto: griddle)

Memberikan Reward pada Audience

Kita pasti senang jika mendapatkan hadiah dari hal baik yang kita lakukan. Hadiah juga bisa kamu berikan buat para audience yang secara serius memperhatikan dan mengajukan pertanyaan. Hadiah yang diberiakan juga dapat berupa hal-hal simple. Kamu bisa kasih permen atau coklat serta bisa memberikan sertifikat simple buat mereka. Ohiya, ini juga bisa loh digabung dengan mini games atau ice breaking yang kamu buat di sela presentasi.

 

(foto: quotefancy)

Memberikan Pesan atau Kata-Kata Motivasi

Di akhir sesi presentasi, alangkah baiknya kalau kita memberikan kata-kata motivasi yang tentunya berkaitan dengan pembahasaan yang kita angat. Meskipun presentasi yang kita lakukan berbau ilmu sains, tapi tidak menutup kemungkinan kita memberikan kata-kata motivasi dari ahli/ilmuan yang bersangkutan dengan pembahasan tersebut. Karena yang kita beri tidak cukup hanya sebuah pembahasan saja, tapi bagaimana memberikan dorongan untuk audience supaya lebih semangat belajar.

Dan hal-hal kecil yang disebutkan di atas bisa menjadi referensi yang semoga dapat menjadikan presentasi kamu lebih menarik lagi.

 

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!