Are You a Zetizen?
Show Menu

Tingkatkan Literasi Media Lewat Acara EXOTIC SMAN 38 Jakarta

Hakiki Tertiari Hakiki Tertiari 31 Jul 2017
Tingkatkan Literasi Media Lewat Acara EXOTIC SMAN 38 Jakarta

 

Zetizen.com - Berbagai informasi makin mudah didapat. Sayangnya, kemudahan ini juga diikuti sama persebaran berita hoax. Untuk meningkatkan kewaspadaan anak muda soal hoax, Ekskul Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 38 Jakarta mengadakan talkshow dan workshop jurnalistik untuk tingkat SMA. Acara ini bertajuk Explore The World With Journalistic (EXOTIC), Sabtu (29/7) lalu.

Bertempat di ruang audio visual SMAN 38, sesi Writing Basic Class di mulai pukul 13.00 WIB. Sesi ini diisi oleh Vera Khairifah selaku Editor Zetizen Jakarta. Pemaparan seputar cara menulis berita, etika menulis berita, hingga jenis-jenis tulisan di media dijelaskan. Selain itu, Vera juga mengajak audiens untuk mulai menulis di media apapun. “Kemampuan menulis akan meningkat sesuai jam terbang. Kalian bisa memulai di Ekskul jurnalistik sekolah, atau blog pribadi,” serunya.

 

Di sesi tanya-jawab, banyak peserta yang semangat bertanya nih. Credit: Gilang/Zetizen Team

 

Selain itu, ada juga pembahasan soal sisi lain jurnalistik. Untuk menghindari hoax dan berita yang melenceng dari judul, pembaca harus memastikan kredibilitas media. “Juga, jangan terpancing sama judul yang provokatif,” ujar Vera. Sesi tanya-jawab pun dibuka. Kali ini, narasumber dan audiens saling berdiskusi saat membahas pertanyaan yang ada. Pembahasan yang dibawakan dengan fun bikin audiens sesekali tertawa.

Setelah sesi talkshow dan tanya jawab usai, 57 peserta yang berasal dari 14 sekolah di Jabodetabek harus membuat satu artikel sebagai challenge. Nantinya, akan ada satu artikel terbaik yang akan dipilih. Wih, para peserta makin serius sekaligus excited nih.

 

Sebelum mengakhiri acara, peserta harus menyelesaikan challenge membuat satu artikel. Semangat! Credit: KIR SMAN 38 For Zetizen

 

Meskipun acara berlangsung lebih dari lima jam, para peserta terus semangat mengikutinya. Seperti Nindita Nisdita yang berpendapat acara ini di luar ekspektasinya. “Ngeliat urutan kegiatan kirain bakal lama dan ngebosenin. Ternyata menarik dan ilmu jurnalistik yang didapat banyak banget,” tutur siswa SMAN 95 Jakarta ini.

 

Akhirnya EXOTIC selesai! Credit: KIR SMAN 38 For Zetizen

 

Dari kegiatan ini, antusias pelajar dengan dunia jurnalistik benar-benar terasa. Well, sampai jumpa di acara garapan KIR SMAN 38 lainnya, ya! (*)

RELATED ARTICLES

Please read the following article