Alpha Zetizen of The Year 2K16 tiba di Bandara Internasional Auckland, New Zealand sebelum memulai perjalanan mereka berpetualang dari Auckland menuju Wellington selama satu minggu penuh. Akankah tahun ini kamu yang berangkat seperti mereka? Foto by: Wahyudin Jawa Pos

 

Zetizen.com - Nggak Terasa, ribuan aksi positif dari anak muda se-Indonesia udah ambil bagian dalam Zetizen National Challenge Go To New Zealand sejak 1 Mei lalu. Mulai dari isu lingkungan, kesehatan, sampai seni dan budaya, semua ada!

Makanya, buat kamu yang nggak mau ketinggalan kesempatan buat memenangkan hadiah jalan-jalan ke New Zealand, langsung aja deh ikutin kompetisinya. Terus, biar kesempatanmu buat pergi ke New Zealand makin besar, pastikan aksi positif yang kamu submit memenuhi syarat-syarat berikut ini ya!

 

Aksi Positif yang Berdampak Besar

Nggak cuma positif, aksi yang kamu lakukan juga harus punya dampak terhadap lingkunganmu. Ini berarti, bukan cuma kamu yang merasakan dampak positifnya, tapi juga orang lain. Contohnya kayak mengadakan bakti sosial, kerja bakti, membuat penyuluhan atau membuka kelas pelajaran gratis buat mereka yang membutuhkan.  

 

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Generasi Z Harus Siap Jadi Generasi Perubahan di Masa Depan 

 

Pengin kan, suatu hari nanti usahamu bisa jadi seindah pemandangan pohon ini? (foto: hanchiangnews)

Nggak Ribet dan Gampang Dilaksanakan

Kalau aksimu mudah dilaksanakan, maka dampaknya juga bakal makin cepat terasa. That’s why, kamu harus bisa membuat aksi positif yang sederhana, tapi berdampak besar. Misalnya kayak menanam pohon. Ini sederhana, tapi kalau kamu bisa mengajak 100 temanmu buat ikut melakukannya? Wah dampaknya bakal besar banget tuh!

 

Aksi Kamu Harus Berkelanjutan

Perubahan positif yang kamu buat bakal dibutuhkan banyak orang. Itulah kenapa aksimu juga harus berkelanjutan.  Sebab, aksi positif yang dilakukan secara konstan dan terus berkembang bakal menginspirasi lebih banyak orang untuk ikut mengamalkan hal positif yang kamu mulai.

 

(foto: biotrack)

Perhatikan Feedback Buat Aksimu

Lalu, gimana sih cara kita tahu kalau aksi kita itu benar-benar berguna buat orang lain? Gampang, tanya aja sama orang yang jadi sasaran aksimu. Dari situ, kamu juga bisa dapat ide buat mengembangkan aksimu ke arah yang lebih baik dan lebih tepat sasaran.

 

Dokumentasi yang Lengkap

Last but not least, pastikan kamu punya dokumentasi yang lengkap dan baik untuk semua aksimu. Sebab, cuma dengan cara ini kamu bisa benar-benar menunjukkan secara maksimal perubahan yang kamu bawa. Dokumentasi ini juga yang nantinya bakal kamu butuhkan buat mendaftarkan aksi kamu ke Zetizen National Challenge Go To New Zealand. 

 

Gimana, udah siap? Langsung aja submit aksi kamu ke Zetizen National Challenge Go To New Zealand lewat link berikut ini

Share
Create Your Own Article!