Are You a Zetizen?
Show Menu

Know More about New Zealand #5: Biaya Hidup dan Belajar di NZ

Bogiva Mirdyanto Bogiva Mirdyanto 02 Aug 2017
Know More about New Zealand #5: Biaya Hidup dan Belajar di NZ

Zetizen.com - Udah saatnya Know More about New Zealand hadir kembali nih, Guys. Kayak minggu lalu, di rubrik ini kamu bisa menanyakan apa aja seputar New Zealand sesuai topik mingguan yang kita buka. Nah, topik minggu ini adalah ”Biaya Hidup dan Pendidikan di New Zealand. Wah apa aja ya kira-kira pertanyaan yang masuk? Simak yuk obrolan Zetizen bareng Education New Zealand.

 

 

Q: Bisa nggak sih kita, mahasiswa asing yang belajar di New Zealand jalan-jalan ke tempat indah dan bagus di sekitar kampus? Biasanya, tempat apa yang murah tapi bagus buat dikunjungi? - Muammar Fauzan, Universitas Jambi, Jambi

Education New Zealand: Dimanapun kamu berada di New Zealand, kamu nggak bakal jauh-jauh dari pantai, trek jalan-jalan atau sepeda, dan pastinya pemandangan yang luar biasa. Semuanya bisa kamu jelajahi tanpa biaya! pelajar di sana bisa merencanakan perjalanan mereka di sela-sela liburan kampus ke berbagai tempat dengan memilih moda transportasi yang sesuai. Kamu bisa menggunakan bis, kereta, pesawat, atau menyewa mobil dan mencari penginapan yang sesuai. Atau kalau kamu mau lebih menikmati alam, kamu bisa banget mencoba camping di alam terbuka.

 

 

Q: Berapa banyak biaya yang perlu kita persiapkan buat hidup di New Zealand tanpa Beasiswa? - Jeremia Liyadi, SMA Tunas Kasih Tarakan, Kalimantan Utara.

Education New Zealand: New Zealand itu negara yang sangat ramah kantong buat para pelajar. Sistem pendidikannya yang fleksible bisa disesuaikan dengan berbagai jenis budget yang kamu punya. Kalau untuk biaya hidupnya sendiri, New Zealand hampir sama dengan kebanyakan negara OECD lainnya, yang juga punya kualitas hidup dan bekerja yang tinggi. Kamu bahkan bisa menghasilkan pendapatan yang melebihi kenbutuhan hidupmu sehari-hari. Sebab, visa pelajar disini memperbolehkan kamu bekerja part time 20 jam seminggu, atau malah full-time pada hari libur.

Kalau masih penasaran, kamu bisa melihat-lihat baya hidup di New Zealand lewat link ini:

https://www.studyinnewzealand.govt.nz/live-work/cost-of-living

 

 

Q: Saat berkuliah disana, perlu atau bisa nggak sih aku sambil bekerja part-time? Susah nggak cari pekerjaan di sana? - Nathan Bravian, SMK Krian 2 Sidoarjo, Jawa Timur

New Zealand punya banyak institusi yang menawarkan pekerjaan sambilan.

Di beberapa kampus pun, kamu bisa bekerj part-time dengan menjadi pengajar sambilan, memberi tutor atau mengerjakan pekerjaan administrasi. Kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan magang yang berbayar. Selain mendapat uang, kamu juga bisa mengembangkan networking mu dengan orang-orang yang ada di industri.

Kalau kamu memiliki visa pelajar, kamu juga bisa bekerja sampai 20 jam seminggu bahkan full-time di saat liburan sekolah tiba.

 

Ingin pertanyaanmu terjawab seperti teman-teman di atas? Kamu juga bisa ikutan program ini kok. Untuk minggu depan, kita akan membahas lebih detail tentang “Tempat Wisata yang Indah di New Zealand”.

Kamu tertarik melanjutkan pendidikan di New Zealand? Ingin tahu gimana sih cerita orang-orang yang telah berkuliah di sana? Yuk tanyakan aja lewat kolom komentar di bawah ini!

RELATED ARTICLES

Please read the following article