Zetizen.com – Ketika sedang berolahraga atau bertanding, resiko cedera selalu mengintai tubuh kita. Nah, sekalinya cedera kita langsung melakukan penanganan sendiri seperti memijat daerah yang sakit. Padahal hal ini salah besar loh! Menurut para dokter dan fisioterapis, ketika kita mengalami cedera hal yang wajib dilakukan adalah RICE.

RICE merupakan singkatan dari rest, ice, compression, dan elevate. Fungsi RICE sendiri adalah mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan cedera yang diakibatkan oleh sobeknya jaringan otot karena olahraga. Penanganan yang salah seperti memijat malah membuat robekannya makin luas loh! Seperti ini nih cara melakukan RICE.

Rest

foto: healthline

Ketika mengalami cedera, sebisa mungkin kamu menghentikan aktifitasmu. Nah, jika dalam keadaan bertanding, lakukan pergantian pemain secepat mungkin. Dengan beristirahat sejenak, kamu dapat mengurangi nyeri akibat robeknya jaringan lunak di bagian yang terkena cedera.

Ice

foto: healthline

Setelah berhenti, kompreslah bagian yang cedera tersebut dengan es. Bukan mengoleskannya dengan gel yang bersifat hangat. Sebab, dengan menggunakan es, pendarahan di sekitar jaringan lunak akan berhenti secara otomatis. Tapi, kalau kamu memberi gel yang bersifat hangat, yang ada bengkaknya akan makin besar. Oiya, ketika mengkompres dengan es, jangan terlalu lama ya. Usahakan tiap lima menit berhenti agar bagian yang kamu kompres tidak kaku.

Compression

foto: scientifit

Tahap selanjutnya, lakukan kompresi dengan perban elastis di daerah tubuh kamu yang mengalami cedera. Hal ini dilakukan agar bagian yang cedera tidak terlalu banyak bergerak. Untuk memasang perbannya, jangan terlalu ketat ya. Jika terlalu ketat, aliran darah yang ada di daerah tersebut akan terhambat. Hal ini nggak bagus untuk fase penyembuhannya.

Elevation

foto: Youtube

Teknik elevasi merupakan teknik yang paling mudah dari ketiga teknik sebelumnya. Ketika sedang beristirahat, usahakan bagian yang mengalami cedera berada diatas jantung kamu. Hal ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, berdenyut, dan pendarahan dalam yang dapat menyebabkan memar. Caranya, ganjal bagian tubuh yang mengalami cedera dengan bantal ketika kamu sedang tiduran.

 

Nah, jangan lupa guys. Sebelum olahraga, kamu wajib pemanasan minimal 8 menit agar tubuhmu tidak terkena cedera. Selamat berolahraga!

 

 sumber: WEBMD,Verywell

Share
Create Your Own Article!