Are You a Zetizen?
Show Menu

DBL SHOOT OUT - 6 Barang Yang Sering Dipakai Atlet Basket

Zetizen Zetizen 08 Aug 2017
DBL SHOOT OUT - 6 Barang Yang Sering Dipakai Atlet Basket

Zetizen.com - Pernah nggak sih kalian memperhatikan aksesori yang biasa digunakan pemain basket ketika beraksi di DBL Arena, Surabaya? Aksesori itu bukan sekadar pemanis penampilan loh. Sebab, aksesori tersebut ternyata memiliki fungsi penting bagi pemain. Nggak percaya cek dulu di bawah ini! (nao/c14/dhs)

 

Arm and Knee Sleeves

Arm and Knee Sleeves

arm and knee sleeves (tumblr)

Terbagi menjadi dua tipe, ada yang ber-padded dan unpadded. Arm sleeves ber-padded berfungsi melindungi siku dari benturan. Yang unpadded bisa mengencangkan lengan agar pemain lebih nyaman saat dribel atau shooting. Knee sleeves berfungsi melindungi lutut pemain yang cedera karena jatuh tidak sempurna atau saat terjadi benturan keras.

Mouth Guard

Mouth Guard

Aksesori ini mampu melindungi gigi dan mulut agar tidak patah ketika terjadi benturan keras. Mouth guard juga berfungsi melindungi lidah, bibir, dan pipi saat terjadi cedera pada area tersebut.

Ankle Pad

Ankle Pad

Dipakai ketika pemain mengalami cedera pada posisi engkel. Ankle pad berfungsi mengencangkan bagian engkel sehingga dapat mengurangi rasa sakit. Biasanya, ankle pad dikenakan pemain selama pemulihan cedera.

Headband dan Armband

Headband dan Armband

Headband berfungsi mencegah rambut yang panjang menutupi muka dan melindungi mata dari tetesan keringat. Nah, armband digunakan untuk mencegah keringat mengalir ke tangan agar tidak licin saat memegang bola.

Base Layer

Base Layer

Merupakan fit T-shirt berbahan dry fit. Berfungsi menyerap keringat berlebih pada tubuh pemain. Kemampuan quick dry-nya bisa mencegah jersey pemain basah oleh keringat. Selain itu, base layer berfungsi menjaga kelembapan dan suhu tubuh pemain.

Kinesio Tape

Kinesio Tape

Nah plester warna-warni yang satu ini namanya kinesio. Pertama kali metode Kinesio Taping ini dipopulerkan oleh Dr. Kenzo Kase di Jepang pada tahun 1970-an. Tujuan dari kinesio taping ini sebenarnya untuk menyembuhkan jaringan atau otot tubuh seorang atlet yang mengalami trauma atau cedera saat berolahraga. Sehingga elastisitas pada otot akan lebih kuat, tidak mudah kejang, mengurangi resiko bengkak, dan nyeri otot.

RELATED ARTICLES

Please read the following article