Are You a Zetizen?
Show Menu

Kecanduan Gadget Bikin Kamu Nggak Merasakan 5 Hal Ini

Bogiva Mirdyanto Bogiva Mirdyanto 09 Aug 2017
Kecanduan Gadget Bikin Kamu Nggak Merasakan 5 Hal Ini

Zetizen.com - kecanduan gadget rasanya udah wajar banget kita temuin dimana-mana. Mulai dari chatting, browsing, atau update foto-foto di Instagram, ah pokoknya ada aja lah yang bisa dilakuin lewat gadget-gadget canggih itu.

Emang sih, rasanya kita jadi orang yang paling update dan kenal sama banyak orang lain di seluruh dunia. Tapi, tahu nggak sih, ke-updatean mu di dunia maya itu ternyata justru bikin kamu melewatkan hal-hal nyata yang terjadi di sekitarmu ini. 

 

(foto: wisegeek)

Quality Time sama Teman dan Keluarga 

Kecanduan gadget bisa bikin kita lupa dengan keadaan sekitar. Selama mata kita fokus pada layar, banyak banget interaksi disekitar kita yang akhirnya lewat gitu aja. Kalau udah keterusan, bisa aja hubungan kamu sama teman dan keluarga jadi renggang gara-gara mereka ngerasa nggak dihargai. Padahal, lewat ngobrol bareng dan berbagai cerita sama teman dan keluarga, kita justru bisa dapet berbagai berita dan informasi baru yang terjadi disekitar kita. 

 

Kecanduan gadget Bikin kesehatan Terganggu

Percaya nggak percaya, kecanduan gadget ternyata juga mempengaruhi kesehatan kita. Udah banyak banget penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengenai dampak kecanduan smartphone pada kesehatan tubuh manusia. Seperti halnya nyeri leher dan tulang punggung yang bisa juga disebut text neck.

Seperti namanya, text neck adalah sebutan buat orang yang posturnya jadi bungkuk gara-gara keseringan melihat gadget. Selain itu, ada juga nomophobia, kecemasan atau ketakutan yang berlebihan ketika kita jauh dari gadget, dan masih banyak lagi penyakit lain yang bersumber dari kecanduan gadget.

 

(foto: courrier)

Bikin Kita Jadi Sering Melewatkan Waktu Tidur

Kadang, saking asiknya bermain gadget, kita jadi sulit tidur nyenyak. Kalau terjadi terus menerus, kurang tidur kayak gini bisa membuat daya tahan tubuh kita menurun, dan membuat kita mudah terkena virus dan jatuh sakit. Lebih parah lagi, efek kurang tidur berkepanjangan ini juga bisa bikin daya inget dan kemampuan otak menurun.

Jadi kalau emang udah waktunya tidur, mending HP nya dipinggirin dulu atau nggak dimatiin aja tuh. Emang sih, awalnya pasti susah. Tapi, masa kamu se-nggak peduli itu sih sama kesehatanmu sendiri?

 

Tugas dan Kewajiban yang Terbengkalai

Penelitian mengungkapkan kalau kebanyakan remaja zaman sekarang punya rentang perhatian yang sebentar. Ini berarti, sebagian besar kita sulit buat fokus pada suatu kegiatan dalam jangka waktu lama. And guess what, hal itu ternyata dipengaruhi penggunaan gadget dan arus informasi yang cepat dimana-mana. 

Makanya, kalau kamu nggak mau terus-terusan terlambat dan melalaikan tugas yang harusnya kamu kerjakan, mengurangi kecanduan gadget bisa jadi solusi paling bagus yang perlu kamu coba.

 

(foto: irviing)

Jadi Orang yang Nggak Mandiri

Berkat gadget, semua hal jadi serba praktis tanpa harus repot begini-begitu. Namun, terlalu memasrahkan diri pada bantuan gadget ternyata juga nggak bagus. Kebiasaan ini bisa bikin kamu jadi nggak mandiri dan terbiasa dibantu dalam segala hal. Saat akhirnya kamu harus menyelesaikan sesuatu yang rumit, kamu bisa aja malah jadi kebingungan dan harus mengandalkan bantuan orang lain.

 

Nah, itulah kenapa kita harus lebih bijak dalam menggunakan gadget. Karena sebenarnya, kita bisa kok, Guys, beraktivitas tanpa harus bergantung pada gadget.

 

Penulis : Daniel Ageng 

RELATED ARTICLES

Please read the following article