Zetizen.com - Punya mainan kayak model kit Gundam, rasanya nggak puas kalau nggak dioprek sesuai dengan keinginan. That’s why, kali ini tim Zetizen berkolaborasi dengan Komunitas Arek Gundam Surabaya buat kasih tahu kamu cara simpel repaint model kit Gundam-mu supaya tampil makin kece. Yuk siapin model kit mu dan ikutin step berikut ini! (ndy/giv)

 

Tools :

  1. Clear Top Coat (gloss/ matte)
  2. Pinset/Penjepit Aligator
  3. Penbrush,Kompressor,Water Trap
  4. Kuas
  5. Cat (enamel, lacquer, akrilik)
  6. Gundam Marker
  7. Q-tip
  8. Stiker (dry decal/ water decal)
  9. Thinner enamel, thinner laquer, dan thinner akrilik sebagai pengencer/remover cat

 

Step 1 : Primering

Siapkan campuran cat lacquer dan thinner lacquer dengan perbandingan 1:3. Pilih tiga warna dasar untuk primering seperti abu-abu, silver, putih atau hitam. Laburkan cat secara tipis ke seluruh permukaan parts dengan penbrush atau kuas. Primering bertujuan untuk membuat warna cat jadi lebih stand out sekaligus melihat kondisi permukaan parts.

Tips :

  • Jaga jarak penyemprotan saat mengecat dengan penbrush. Jika terlalu dekat, cat akan meluber di permukaaan model kit.
  • Lakukan penyemprotan searah dengan tekanan angin supaya hasilnya nggak belang.
  • Primering juga harus memperhatikan pergantian warna. Jika warna dasar gelap ingin di repaint ke warna cerah, sebaiknya gunakan primering warna putih.

 

Step 2 : Painting

Di tahap ini, pengerjaan warna baru mulai dilakukan. Kamu bisa memakai cat lacquer atau enamel. Warna yang dipilih pun sebaiknya disesuaikan dengan penampilan akhir yang diinginkan. Misal, model kit militer, gunakan warna dasar abu-abu, lalu cat dengan warna hijau dan hitam untuk menonjolkan kesan kusam dan gahar. Keringkan dengan cara diangin-anginkan

Tips :

  • Cat nggak boleh terlalu cair ataupun terlalu kental. Jika terlalu cair, cat jadi tidak merata sementara jika terlalu kental, cat jadi terlihat tebal.
  • Jangan menjemur hasil pengecatan demi mengejar waktu cepat pengeringan. Menjemur akan membuat warna cat berubah.
  • Untuk mencapai hasil pengecatan dengan efek kilap (glossy), tunggu lapisan cat sampai kering sempurna.

 

Step 3 : Lining

 Sebelum mengerjakan detail garis, beri lapisan clear top coat gloss agar jalur garis lebih licin dan mengkilap. Jika menggunakan kuas, beri setitik saja cat enameldan biarkan mengalir. Setelah kering, lalu hapus dan rapikan sisa cat yang meluber dengan q-tips yang telah dibasahi thinner enamel. Sementara dengan Gundam Maker, kamu perlu menghitamkan semua garis secara manual.

 

Tips :

  • Alternatif kalau kamu malas pakai kuas, sedangkan Gundam Marker bisa bikin kantong meronta, kamu bisa menggantinya dengan pensil 2B mekanik.

 

Step 4 : Decaling

Decaling atau menempelkan stiker adalah step terakhir untuk menambahkan detail Gundam mu. Ada dua tipe stiker. Yakni, dry decal (mirip rugos) dan water decal. Jika menggunakan water decal, pastikan kamu melapisi permukaan water decal dengan clear top coat gloss atau matte setelah stiker terpasang.

 

Tips :

  • Agar decal lebih bagus dan mudah diposisikan , gunakan water decal!

 

Setelah repaint dan dirakit, jadi deh sekeren ini!

 

Menurut Alfetta Rendy Anggara, ketua Komunitas Arek Gundam Surabaya, pengerjaan repaint yang bagus memerlukan kesabaran ekstra. Sebab, jika kita menuntut hasil repaint jadi secara instant, maka hasil tekstur permukaan cat nggak bisa mulus dan kilap.

 

Nah, buat kamu yang berada di Surabaya sekitarnya dan tertarik dengan Gundam, kamubisa join ke komunitas Arek Gundam Surabaya. Komunitas yang udah berdiri sejak tiga tahun lalu ini sering banget bikin acara gathering, sharing session dan event keren lainnya seputar Gundam. Mereka juga sering bikin acara workshop serta tutorial-tutorial seru untuk kamu ikutin, loh!

Penasaran sama keseruan kegiatan mereka? langsung aja kunjungin fanpage mereka di

https://www.facebook.com/groups/arekgundamsurabaya/

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!