Zetizen.com - Nggak cuma membuat kopi, barista juga pintar menyulap kopi jadi minuman bernilai. They add values to our coffee. Seringnya menyajikan specialty coffee bikin mereka punya skill buat ngembangin karir. Apa aja? (seriouseats/bs/ivm/c14/wka)

Foto: Faruqy Zetizen Team. Lokasi: Monopole Coffee Lab, Surabaya

Head of Barista

Kalau udah cukup profesional sebagai barista, kamu bisa mengepalai barista lain di sebuah kafe. Yap, sebagai head of barista, kamu harus bertanggung jawab terhadap standar kualitas para barista yang menjadi bawahanmu, termasuk penampilan, kualitas kopi, dan pelatihan mereka.

 

Coffee Roaster

Seorang roaster ibarat ilmuwan dalam sebuah coffee lab. Tugasnya adalah bereksperimen sama biji kopi mentah dan mengolahnya jadi biji kopi siap minum yang biasanya berwarna hitam. Roaster harus peka sama karakteristik dan kandungan kimiawi biji kopi. Dengan teknik roasting berbeda, bisa aja ditemukan kopi rasa baru.

 

Professional Cupper

Cupper itu pengincip atau penikmat kopi. Profesi tersebut juga penting untuk menilai rasa kopi secara objektif serta lebih mendalam menentukan kualitas kopi yang baik dan buruk, termasuk kecacatan pada kopi, cup clarity, hingga karakteristiknya.

 

Coffee Consultant

Profesi ini juga memerlukan sertifikasi khusus loh. Sebab, pengetahuan dan inovasi dari konsultan kopi sangat dibutuhkan dan berpengaruh terhadap mutu kopi dalam sebuah kafe. Seorang konsultan bisa ngasih rekomendasi kepada barista mengenai pemilihan menu kopi demi menjaga selera konsumen yang berbeda-beda.

Share
Create Your Own Article!