(foto: shutterstock)

Zetizen.com - Mulai dari gambar hewan sampai benda-benda bersejarah, 12 lambang zodiak rasanya udah akrab banget sama yang namanya ramalan bintang. Lambang-lambang ini bahkan udah banyak menginspirasi berbagai film dan cerita. 

Nah, pernah penasaran nggak sih darimana asal lambang-lambang zodiak yang khas itu berasal? Apa cerita dibalik tiap lambang tersebut? Nih simak yang berikut ini.

 

Aries (21 Maret – 19 April)

- (foto:pinterest)

Doyan makan domba? Jangan-jangan kamu Aries! Eits enggak gitu kok. Aries ini asalnya dari tokoh mitologi domba jantan emas yang bisa terbang yaitu Chrysomallus. Ceritanya, Chrysomallus ini terbang ke surga untuk mengorbankan dirinya kepada para dewa. Nah, atas tindakannya yang mengunggah ini Zeus kemudian memberikan Aries sebuah tempat di para bintang sebagai konstelasi Aries.


Taurus (20 April - 20 Mei)

- (foto:pinterest)

Zodiak Taurus berawal dari kisah percintaan dewa Zeus. Suatu ketika Zeus sangat tertarik dengan putri Phoenicia yang bernama Europa. Diapun muncul di hadapan Europa dalam bentuk sebuah banteng putih yang luar biasa indah.

Karena tertarik, Europa pun mengelus dan menaiki banteng tersebut. Ia kemudian dibawa melintasi Samudra ke sebuah wilayah Yunani kuno yang bernama Crete. Di situlah Zeus menampakkan wujud aslinya, dan mereka berdua pun bercinta di pulau tersebut.

Namun, setelahnya, mereka justru menyesal. Nah, biar nggak mengulangi tindakan itu lagi, Zeus kemudian meletakkan lambang banteng di antara para bintang yang manjadi asal-usul zodiak Taurus.


Gemini (21 Mei - 20 Juni)

- (foto:pinterest)

Gemini berawal dari tokoh mitologi Yunani, Castor dan Pollux. Mereka terlahir menjadi anak kembar yang tumbuh jadi cowok tampan yang suka bertualang. Mereka berdua punya hubungan yang sangat erat.

Castor dikenal sebagai penunggang kuda yang ternama, sedangkan Pollux tumbuh dikenal sebagai orang yang memiliki kekuatan luar biasa. Sayangnya, suatu hari Castor meninggal dalam sebuah perperangan. Pollux pun jadi sangat sedih mengetahui kematian Castor. Dia merasa nggak sanggup hidup tanpa saudara kembarnya.

Ia kemudian meminta ayahnya, Zeus, untuk mencabut keabadiannya dan membiarkan ia mati. Zeus yang tidak ingin Pollux meninggal lebih baik membuat Castor menjadi abadi dengan membuat keduanya bersama selamanya sebagai kontelasi zodiak kembar, Gemini.


Cancer (21 Juni - 22 Juli)

- (foto:pinterest)

Cerita keberadaan dari Cancer yang berlambangkan kepiting ini berasal dari pangeran ternama, Hercules. Dia dapat tugas untuk membunuh Lernaean Hydra, yakni seekor ular air dengan ratusan kepala.

Sayangnya, Hercules ternyata justru mengalami kesulitan dalam melawan Lernaean Hydra. Melihat hal tersebut, Dewi Hera sebagai salah satu musuh Hercules memerintahkan seekor kepiting raksasa untuk membantu Hydra tersebut. Kepiting itu kemudian menusukkan capitnya ke kaki sang pahlawan.

Merasakan rasa sakit yang luar biasa, Hercules dengan marahnya menghancurkan kepiting tersebut hanya dengan kakinya sebelum ia mengalahkan Lernaean Hydra. karena bangga akan perjuangan sang kepiting, Dewi Hera kemudian menempatkan kepiting tersebut di antara bintang sebagai rasi Cancer.


Leo (23 Juli - 22 Agustus)

- (foto:pinterest)

Leo merupakan zodiak yang berasal dari kisah Singa Nemean dalam 12 rintangan Hercules. Dalam rintangan yang pertama, Hercules harus melawan seekor singa Nemean. Singa Nemean ini memiliki bulu berwarna emas dan kulit yang tidak dapat ditembus senjata apapun.

Dalam salah satu kisah perlawanan Hercules dengan Singa Nemean ini, dikisahkan bahwa Hercules memiliki cara yang cerdas untuk membunuh singa itu dengan mencekiknya hingga mati.

Hercules kemudian menggunakan cakar dari Singa Nemean itu sendiri untuk merobek kulitnya dan menggunakan bulu singa tersebut di pakaiannya. Atas pertarungan megahnya itu, Zeus kemudian memberikan Singa Nemean itu sebuah tempat di rasi bintang sebagai konstelasi Leo.


Virgo (23 Agustus - 22 September)

- (foto:pinterest)

Kalau yang lain dilambangkan dengan hewan, maka nggak demikian halnya dengan zodiak Virgo. Zodiak satu ini dilambangkan sebagai seorang wanita yang masih suci dan polos yang merupakan lambang dari dewi Astraea.

Sayangnya, kepolosan ini juga lah yang membuat dewi Astarea harus kehilangan statusnya akibat kotak pandora yang terbuka. FYI, kotak pandora adalah kotak yang menyimpan semua keburukan dan kejahatan dunia. Makanya, saat kotak tersebut dibuka, para dewa pun melarikan diri kembali ke surga, kecuali dewi Astarea. Ia tidak sempat melarikan diri dan akhirnya jatuh kedalam malapetaka kotak pandora.

Untuk memperingati kejadian ini, para dewa pun meletakkan rasi Virgo diantara bintang-bintang.


Libra (23 September - 22 Oktober)

- (foto:pinterest)

Dibandingkan kisah zodiak lain, Libra punya asal-usul yang cukup membingungkan. Beberapa kepercayaan mengatakan bahwa sesuai dengan lambangnya yang berbentuk timbangan, Libra melambangkan kebenaran dan keadilan yang jadi simbol dewi Themis.

Hal ini sangatlah menarik karena Astraea yang melambangkan Virgo adalah anak dari Themis dan Virgo serta Libra terletak berdampingan dalam konstelasi bintang. Beberapa mengatakan bahwa alasan mengapa timbangan dapat termasuk dalam rasi bintang zodiak adalah karena para Dewa melihat bahwa keadilan dan kebenaran adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan dan tidak boleh terlupakan.


Scorpio (23 Oktober - 21 November)

- (foto:pinterest)

Keberadaan dari lambang zodiak Scorpio berasal dari kisah mitologi Orion, anak dari Poseidon. Poseidon ini merupakan seorang pria yang disebut-sebut sebagai pria tertampan serta tertinggi yang pernah ada di dunia dengan hobi berburu.

Bahkan ia sangat disenangi oleh Dewi perburuan, Artemis, karena hobinya tersebut. Melihat kesombongan Orion yang mengatakan bahwa dirinya dapat mengalahkan semua mahluk di bumi, Gaia si Dewi Bumi mengirimkan kalajengking untuk mengalahkan Orion.

Dari persembunyiannya, kalajengking itu tiba-tiba menyengat Orion dan racun mematikannya langsung mengirim Orion ke kematiannya. Karena tahu kemenangan kalajengking itu, Gaia kemudian menempatkan kalajengking tersebut di langit sebagi rasi bintang Scorpio atau zodiak Scorpio. 


Sagitarius (22 November - 21 Desember)

- (foto:pinterest)

Lambang dari zodiak Sagitarius adalah Centaur, yaitu sebuah mahluk dengan kepala, tangan, dan dada manusia dan berbadan kuda. Kisah dari Sagittarius sendiri berawal dari mitologi Chiron yang merupakan centaur ternama, anak dari Poseidon.

Chiron juga adalah teman dari berbagai tokoh ternama mitologi seperti Hercules dan Achilles. Sayangnya dalam sebuah perkelahian, Hercules yang melindungi dirinya dari serangan panah beracun membuat panah beracun tersebut justru mengenai kaki Chiron.

Chiron yang memiliki keabadian dan tidak dapat mati, harus merasakan rasa sakit yang luar biasa. Hercules kemudian berjanji untuk membantu Chrion. Dalam perjalanan mencari bantuan, Hercules bertemu dengan Prometheus, pencipta umat manusia yang terkurung.

Nah, Satu-satunya cara Prometheus dapat terbebas adalah agar seseorang menggantikan dirinya untuk terkurung nih. Walaupun sedang kesakitan, Chiron kemudian bersedia menggantikan Prometheus. Melihat tindakan pahlawan tersebut, Zeus kemudian memperbolehkan Chiron untuk memberikan keabadiannya ke Prometheus dan kemudian menempatkan Chiron di rasi bintang sebagai zodiak Sagitarius.


Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

- (foto:pinterest)

Lambang dari Zodiak Capricorn ini sama anehnya dengan lambang zodiak Sagitarius yaitu memiliki tubuh setengah kambing namun dengan ekor ikan.

Asal mula dari zodiak Capricorn sendiri berasal dari kisah kelahiran Zeus, Raja para Dewa.

Pada saat kelahirannya, ibu Zeus, Rhea, takut suaminya, Kronos, memakan anaknya. Ia kemudian secara diam-diam membawa Zeus ke Crete dan memberikannya ke Amaltheia, Si Peri Kambing.

Amaltheia ini memutuskan untuk mengasuh Zeus dengan cinta dan pengabdian terbesar dan kemudian menyembunyikan Zeus dari Kronos dengan menggantungkannya tinggi-tinggi di sebuah pohon agar Kronos tidak dapat menemukannya baik di Surga, Bumi, ataupun Laut.

Singkat cerita, Zeus kemudian menjadi raja dari para dewa, ia juga tidak melupakan jasa dari Amaltheia. Zeus mengubah salah satu tanduk Amaltheia menjadi tanduk berkelimpahan yang dapat memberikan segalanya, serta Zeus juga menempatkan penggambaran Amaltheia di antara para bintang sebagai zodiak Capricorn.


Aquarius (20 Januari - 18 Februari)

- (foto:pinterest)

Zodiak Aquarius ini punya perlambangan akan seseorang yang menuangkan air dari kendi, yang dipercaya terinspirasi kisah Ganymede, pangeran dan orang tertampan di Troy.

Zeus, sebagai dewa yang sangat suka dengan manusia cantik dan tampan, pernah sangat tertarik dengan Ganymedes. Ia kemudian mengubah dirinya menjadi elang raksasa dan membawa Ganymede ke Olympus.

Disana, Ganymede ditugaskan Zeus untuk menjabat sebagai juru minum pribadinya. Walaupun itu adalah sebuah jabatan yang cukup tinggi namun Ganymede yang diculik dari kerajaan dan keluarganya akhirnya merasakan bahwa ia sudah muak menjadi asisten pribadi Zeus.

Ia kemudian menuangkan semua air, ambrosia, dan anggur yang ada, dan menyebabkan hujan tiada henti di Bumi yang berujung bencana air bah.

Meski awalnya sempat ingin menghukum Ganymede, Zeus ternyata cukup berbesar hati buat mengakui kesalahannya. Ia pun menempatkan Ganymede di antara bintang sebagai zodiak Aquarius.


Pisces (19 Febuari - 20 Maret)

- (foto:pinterest)

Kedua ikan yang berenang dalam arah yang berbeda adalah perlambangan dari zodiak Pisces. Zodiak ini berasal dari masa dimana Zeus telah berhasil mengalahkan kronos dan anak-anak Gaia.

Karena ingin membalas dendam, Gaia menciptakan sebuah monster mengerikan bernama Typhon yang merupakan monster terbesar dan paling mengerikan yang pernah dilahirkan. Typhon kemudian mendeklarasikan perperangan ke semua Dewa Olympus.

Ancaman mengerikan ini membuat para dewa berusaha menyembunyikan diri mereka dengan menyamar. Zeus mengambil bentuk domba jantan, Hera menjadi sapi putih, Artemis menjadi kucing, Ares menjadi babi hutan liar dan seterusnya.

Yang terakhir adalah Dewi Cinta dan Kecantikan, Aphrodite, dan anaknya, Eros.

Mereka menyelam ke kedalaman laut dan mengambil bentuk 2 ekor ikan. Sesudah Typhon berhasil dikalahkan, semua dewa kembali ke bentuk asalnya. Aphrodite yang merasa berterima kasih atas ikan yang sudah meminjamkan bentuk mereka meletakkan penggambaran mereka di langit malam. Itulah bagaimana Pisces mendapatkan tempatnya di rasi binang dan menjadi zodiak terakhir dalam mitologi Zodiak Yunani.

Editor: Bogiva


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!