Are You a Zetizen?
Show Menu

CAROS : Drone Pemanjat Dinding Penyelamat Bencana

Zetizen Zetizen 22 Mar 2016
CAROS : Drone Pemanjat Dinding Penyelamat Bencana

 

Zetizen.com - Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) menciptakan drone supercanggih yang dapat memanjat dinding dan tahan panas api. Dinamakan Climbing  Aerial Robot System atau CAROS, drone itu bertujuan untuk memantau keamanan gedung-gedung pencakar langit, turbin angin, dan struktur pesawat terbang. Mobilitas CAROS digadang-gadang lebih tinggi daripada robot pemanjat dinding.

Begini cara CAROS bekerja. Ketika ia terbang dan terhalang oleh bangunan di depannya, drone itu akan otomatis mengeluarkan cengkraman pada permukaan din ding. Kemudian, suatu persamaan algoritma bekerja sehingga drone berubah ke dalam wall-climbing mode. Nggak Cuma bisa memanjat, navigasi algoritma dan sensor membantu CAROS dapat menganalisis lingkungan 3D di sekitarnya. Efeknya, CAROS dapat digunakan untuk membaca situasi saat terjadi bencana.  

Teknologi CAROS dapat digunakan sebagai robot pengintai saat kebakaran atau bencana lain. Soalnya, drone itu dapat melewati ruangan sempit dengan mengubah modus dari panjat dinding ke modus terbang atau sebaliknya dengan mudah. Bila CAROS dilengkapi dengan kamera thermal, ia dapat  mendeteksi manusia analisis temperatur. Ditambah lagi, CAROS juga dapat mengirimkan analisis lingkungan secara wireless. Keren! (nanowerk/popsci/ndy/sam)

RELATED ARTICLES

Please read the following article