Are You a Zetizen?
Show Menu

Secanggih Apa sih HoloLens?

Zetizen Zetizen 22 Mar 2016
Secanggih Apa sih HoloLens?

 

Zetizen.com - Kalau dengar kata hologram, apa yang ada di pikiran kalian? Pasti nggak jauh-jauh dari sosok Tony Stark dalam film Iron Man dengan layar hologram canggihnya, kan? Teknologi hologram sekarang nggak cuma ada dalam film. Sebab, Microsoft telah menggebrak dunia lewat augmented reality bernama HoloLens. Proses shipping HoloLens Development Edition dilakukan 30 Maret nanti. Harganya pun nggak murah, yakni USD 3.000. Well, gimana sih cara kerja HoloLens? (techcrunch/microsoft/grc/c23/adn)

 

HoloLens by Microsoft

Spesifikasi Canggih

Meski bentuknya mirip dengan Samsung Gear VR atau virtual reality lainnya, cara kerja hololens berbeda. hololens nggak memerlukan perangkat tambahan seperti PC atau komputer. Sebab, sebuah hololens sudah terdiri atas device Windows 10, Microsoft Holographic Processing Unit (HPU), prosesor Intel 32 bit, serta inertial measurement unit (IMU). hololens juga dilengkapi dengan 2 megapiksel HD kamera, empat mikrofon, dan sensor. Karena tanpa kabel, hololens bisa digunakan secara fleksibel.

 

Gambar Hologram Nyata

HPU-lah yang akan mengolah data sensor hololens secara real time, lalu menampilkannya ke dalam bentuk gambar visual. Alhasil, pemakainya pun mampu melihat gambar hologram dengan resolusi 2,3 juta titik cahaya. ’’HoloLens memiliki lensa hologram tembus pandang yang menggunakan sistem proyeksi optik canggih yang menghasilkan multidimensi hologram penuh warna dengan latensi sangat rendah. Jadi, kamu bisa melihat objek hologram di sekitarmu,’’ jelas Alex Kipman, technical fellow, operating system Microsoft HoloLens, seperti dilansir dari Techcrunch.

 

Fleksibel

HoloLens juga mampu mendeteksi gerakan dan arah pandangan pemakainya. Untuk bisa berinteraksi dengan tampilan hologramnya, Microsoft menyediakan sebuah clicker. Alat itu berteknologi air gesture. Dengan begitu, pengguna tinggal menggenggam clicker tersebut dan menggerakkan tangannya ke arah objek hologram. Selain itu, kita bisa memberikan perintah lewat mikrofon serta menangkap suara dari berbagai sudut dengan built-in speaker. Hingga saat ini, hololens kompatibel dengan beberapa aplikasi dan game. Di antaranya, Skype, HoloStudio, Actiongram Beta, HoloTour, RoboRaid, Young Conker, dan Fragment.

RELATED ARTICLES

Please read the following article