Zetizen.com - Siapa sih yang nggak pernah mengalami bad hair day? Pasti semua remaja cewek pernah ngerasain ketika rambut kusut dan lepek. Buat menyelamatkan rambut, biasanya kita pada lari ke keramas. Tapi tau nggak sih, keramas kalau caranya salah justru bisa menyumbat minyak yang harusnya keluar dari pori-pori kepalamu hingga menimbulkan kekeringan bahkan kerontokan pada rambut, loh.

Yang benar adalah benahi cara keramasmu. Jadi sebenarnya gimana sih cara keramas yang benar biar rambut tetap badai tiap saat?

 

Sisir Rambut Sebelum Keramas

Foto: Sunday More

Jangan sampai rambut kusut malah terkena air maupun shampoo. Kalau rambut kusut langsung dikeramasin, yang ada malah bikin folikel rambut tertarik dan membuat helai rambut jadi rapuh loh! Maka dari itu sebaiknya kita menyisir rambut dulu sebelum keramas agar rambut terurai dan mudah dibersihkan dari kotoran dan keringat yang menempel seharian.

 

Keramas Dengan Dua Kali Bilas

Foto: About Body

Jangan malas untuk keramas! Cara keramas yang benar adalah dengan dua kali pakai shampoo dan dua kali dibilas. Bilasan pertama, untuk membersihkan kotoran dan minyak yang menempel dirambut dan kulit kepala. Sedangkan bilasan kedua, untuk merawat rambut agar tetap halus dan wangi.

Oh ya, kalau bisa, hindari penggunaan dry shampoo. Karena hal ini bisa menghambat pertumbuhan rambut karena karena tersumbat minyak dan kotoran. Bahkan bisa menyebabkan iritasi loh!

 

Keramas Pakai Air Dingin

Foto: Google User

Pagi-pagi daripada kedinginan, kadang kita milih buat mandi air hangat. Meski terasa enak, ternyata keramas menggunakan air yang terlalu panas sangat tidak disarankan loh. Soalnya, rambut kita bisa jadi rusak dan kering sehingga mudah kusut.

Keramas pakai air panas berpotensi membuka kutikula rambutmu, dan bikin rambut jadi kehilangan minyak alami serta protein keratin. Eventually, rambutmu bakal mudah kusut dan kusam. Jadi, sebaiknya keramas lah menggunakan air bersih yang nggak terlalu panas, kalau bisa yang dingin. Kan malah segar, tuh!

 

Jangan Scrunching Rambut Saat Keramas

Foto: Health Ambition

Scrunching rambut adalah kesalahan yang sering kita lakukan saat keramas. Yap, ternyata membawa ujung rambut ke kulit kepala membuat rambut yang mulanya terarah jadi berantakan dan saling bertautan hingga patah!

Lebih baik, bagi rambutmu jadi dua bagian, atas kulit kepala dan bawah ujung rambut. Kamu bisa menggosokkan shampoo dibagian kulit kepala dengan sedikit pijatan. Lalu, berikan shampoo diujung rambut dan menggosoknya secara halus. Rambutmu bakal badai seharian!

 

Aplikasikan Conditioner Hanya Diujung Rambut

Foto: Sista Cafe

Untuk menjaga kelembaban, conditioner emang biasa jadi pilihan. Tapi udah tau belum cara pakai conditioner yang benar waktu keramas? Sebenarnya, kamu hanya perlu mengoleskan conditioner di sepertiga bagian bawah rambut sampai ujung rambut. Jangan kena pangkal rambut ya, karena conditioner yang fungsinya untuk melembabkan, akan malah membuat kesan berminyak jika dioleskan dipangkal rambut setelah keramas. Soalnya, di daerah kulit kepala itu sudah ada zat lain yang berperan untuk menjaga kelembaban rambut.

 

Editor: Fahri Syadia

Share
Create Your Own Article!