Foto: Imgrum

Zetizen.com - Siapa sih yang belum nyobain Thai Tea? Minuman yang lagi happening ini mampu memikat lidah para penggemarnya. Dari tampilannya yang terlihat segar dan aroma krimnya yang khas mampu membuat orang tergiur untuk mengincipi. Tapi, sebenarnya apa sih yang bikin Thai Tea jadi idola? Yuk simak fakta-fakta tentang Thai Tea!

 

Sejarah Thai Tea

Foto: Hungry Go Where

Teh Thailand dibuat dari teh Ceylon yang banyak tumbuh di Bai Miang, Thailand. Awalnya di Thailand, teh itu bukan minuman yang populer. Tapi setelah ada imigran asal Tiongkok yang menanam teh untuk dijual, barulah dari situ teh jadi dikenal.

Hingga akhirnya orang Thailand sendiri berhasil menciptakan racikan teh yang beda dari negara Asia lainnya yaitu Thai Tea. Biasanya Thai Tea di Thailand dijual dalam gelas berukuran besar. Kenapa? Yap, hal ini ternyata mencerminkan seberapa cintanya warga sana akan minuman ini loh! Jadi, gelas kecil masih berasa kurang buat mereka.

 

 

Berbahan Rempah

Foto: Pinterest

Ternyata ini nih rahasia yang bikin teh satu ini beda dari yang lain! Tau nggak sih? ternyata Thai tea diracik barengan sama orange blossom water, star anise, asam jawa, dan bahan rempah seperti kayu manis. Nggak salah kalau rasa Thai Tea begitu khas dan menyegarkan ya!

Kandungan rempah inilah yang bikin kesegaran Thai Tea tetap terjaga. Meski dicampur susu dan krim, Thai tea tetap terasa pas, nggak bikin enek.

 

Campuran Teh dan Susu yang Match Dilidah

Foto: Eating Thai Food

Thai tea lezat sebagaimana yang kita kenal sekarang, sebenarnya nggak pernah absen dari campuran condensed milik. Yap, meskipun susu kental manis bukan bahan utama pembuat Thai Tea, tapi bahan ini nggak boleh sampai ketinggalan. Karena, susu kental manis akan memperkaya rasa manis dalam Thai Tea.

Selain itu, krim juga bisa ditambahkan untuk membuat rasa Thai Tea makin sweet and creamy.

 

Dibuat Dengan Perhitungan Waktu yang Pas

Foto: Jason Gruggles

Rahasia dibalik kesempurnaan rasa Thai tea juga dari jumlah waktu pembuatannya. If u know, untuk menciptakan Thai Tea dengan rasa yang sempurna, butuh durasi waktu selama tujuh menit untuk merebus atau menyeduh teh dengan bahan rempahnya. Ingat ya, sebisa mungkin harus pas tujuh menit!

Durasi itu bakal berpengaruh buat menghasilkan rasa yang kuat pada Thai tea. Kenapa harus tujuh menit? mitosnya sih, di Thailand angka tujuh adalah angka yang baik. Dengan menyelesaikan masakan dengan angka yang baik, dipercaya bakal bikin hasil masakan jadi good taste juga.

 

Bikin Awet Muda

Foto: Vemale

Selain rasanya yang nikmat, ternyata Thai tea juga punya manfaat lain loh. Tau nggak sih, kandungan yang ada dalam teh Thailand ini dipercaya bisa bikin awet muda jika rajin meminumnya loh. Soalnya, terdapat kandungan antioksidan pada vitamin C dan E dalam Thai Tea yang mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit!

 

Wah kalau tahu khasiatnya gini, tambah betah minum Thai tea nih!

Source: Livestrong, The Right Tea

Editor: Fahri Syadia

Share
Create Your Own Article!