Are You a Zetizen?
Show Menu

City Tour Jakarta, Cara Asik Keliling Ibukota

Zetizen Zetizen 25 Mar 2016
City Tour Jakarta, Cara Asik Keliling Ibukota

 

Zetizen.com – Sebagai kota terbesar sekaligus ibukota Indonesia, kota jakarta punya banyak tempat keren buat dikunjungi. Hal itulah yang bikin pemerintah DKI jakarta meluncurkan bus wisata bernama Bus city tour Jakarta. Kerennya, bus wisata yang seluruh armadanya terdiri dari bus tingkat berwarna biru ini justru dikemudikan oleh perempuan. Hal itulah yang juga baru tim Zetizen ketahui saat mencoba ikut dalam salah satu sesi perjalanan city tour jakarta minggu lalu.

Berangkat dari kawasan Masjid Istiqlal, bus yang kami tumpangi mulai mengelilingi banyak daerah wisata yang terkenal di Jakarta. FYI, saat pertama kali di operasikan, rute bus ini termasuk cukup pendek. Rute tersebut hanya mencakup Masjid istiqlal, Monas, gedung balai kota, kemudian kawasan Sarinah, Museum Gajah dan kembali ke masjid Istiqlal melewati Pasar Baru. Tapi belakangan, rute tersebut kemudian dikembangkan sampai ke kota tua dan bundaran Senayan.

Dengan penambahan lokasi wisata yang dikunjungi, otomatis perjalanan pun jadi makin lama. Hal itu yang akhirnya bikin kami jadi menyadari bahwa berwisata naik bus yang satu ini akan terasa sangat crowded kalau dilakukan pada hari libur atau weekend. Yaps! Jumlah armada bus yang terbatas bikin bus wisata ini seringkali kewalahan meng-handle wisatawan yang ingin ikut tur. Meski buat sebagain orang hal itu nggak masalah, tapi tentunya kondisi bus yang terlau ramai bakal bikin suasana tur jadi kurang nyaman.

Meski begitu, kami tetap menikmati seluruh perjalanan yang kami lakukan hari itu. mulai dari berangkat, melihat lihat monas, belajar sejarah di museum gajah, melihat indahnya arsitektur belanda di kota tua dan lainnya bikin perjalanan tur kali itu benar benar nggak terlupakan. Apalagi, kami juga sempat ngobrol dengan ibu Henny Trisyadiningsih, driver bus yang kami tumpangi.

Profesi driver bis dinikmati ibu Henny Trisyadiningsih sebagai hobi sekaligus penghasilan tambahan.

 

Ibu Henny bercerita kalau keputusannya untuk menjadi seorang driver di bus bertingkat ini punya alasan tersendiri. Nggak cuma untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Ibu yang satu ini ternyata emang punya hobi jalan jalan dan nggak betah jika hanya berada di rumah. Hal itu yang bikin dirinya menjalani provesi sebagai driver bus dengan suka hati.

Semangatnya itu bikin banyak apresiasi akhirnya berdatangan buat ibu yang satu ini dari wisatawan mancanegara. ”Nggakperlu penghargaan yang gimana, saya dipuji dan dikasih jempol sama bule bule aja sudah senang. Menjadi seorang kemudi untuk bus bertingkat ini jadi hal yang luar biasa karena di Negara mereka tidak ada” ujar ibu Henny Trisyadiningsih. Well, semangat ya bu! (aja/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article