Are You a Zetizen?
Show Menu

Ternyata, Ini Rahasia Di Balik Tulisan Dokter yang Berantakan dan Sulit Dibaca

Laily Kurniawati Laily Kurniawati 09 Sep 2017
Ternyata, Ini Rahasia Di Balik Tulisan Dokter yang Berantakan dan Sulit Dibaca

Zetizen.com - Waktu berobat ke dokter, kamu pasti pernah kan menerima kertas resep buat menebus obat di apotek. Sayangnya, saat kamu coba membacanya, tulisan di resep itu malah sulit dimengerti dan kadang malah samasekali nggak terbaca tuh.

Hmm, kenapa ya semua dokter tulisannya selalu amburadul gitu? Terus gimana ceritanya semua apoteker bisa baca dan tau obat yang dimaksud? Well, ternyata, tulisan dokter itu ada rahasianya, Guys!

 

Caption

Menjaga Kerahasiaan Resep

Tulisan dokter yang jelek itu ternyata bertujuan buat menjaga kerahasiaan diagnosa pasian serta resep yang diberikan. Kerahasiaan resep ini penting banget supaya tidak terjadi penyalahgunaan obat. Selain itu juga buat menghindari pihak-pihak nggak bertanggung jawab mengakses resep tersebut.

Sebab, tiap resep yang dibuat oleh dokter memiliki dosis yang berbeda-beda dan nggak bisa sembarangan diubah. Karena kekurangan ataupun kelebihan dosis bisa berdampak sangat fatal bagi pasien.

 

Merahasiakan Obat-Obatan Keras dari Jenis Tertentu

Karena resep adalah permintaan tertulis dari dokter untuk apoteker, jadi pasien tidak wajib mengetahui isi dari resep itu. Selain itu, ada beberapa obat dari golongan narkotik maupun psikotropik yang penggunaannya harus dengan resep dokter sesuai dengan dosis yang tertera.

Nah, inilah peran tulisan berantakan tadi. Sebab, cuma apoteker terlatih ajalah yang bisa mengerti kode-kode obat khusus tersebut dari resep yang diberikan.

Selain itu, untuk beberapa kasus tertentu, pasien hanya diperbolehkan untuk menebus obat di apotek tertentu yang mengerti makna tulisan dari si Dokter. Jika persediaan obat narkotik yang terdapat di Apotek jumlahnya terbatas, maka kamu akan diberi copy resep tetapi kamu harus menebusnya kembali di Apotek itu. Tidak boleh di Apotek yang lain karena resep aslinya berada di Apotek itu.

 

Logo-logo kayak gini udah jadi kesepakatan internasional buat menandai jenis-jenis obat tertentu.

 

Berisi Singkatan yang Sudah Disepakati secara Internasional

Meskipun tulisannya cukup terbaca, kamu tetap nggak mengerti artinya karena menurutmu kalimat yang ditulis samasekali nggak masuk akal. Well, sebenarnya singkatan itu bukanlah sembarang singkatan yang ditulis dokter, melainkan singkatan yang telah disepakati secara internasional. Singkatan dan kata-kata aneh itu adalah petujuk bagi apoteker untuk memberikan obat kepada pasien.

Seperti contoh dibawah ini terdapat singkatan "m. f. pulv No. XII" maksdunya m.f adalah singkatan dari "misce fac" yang artinya "campur dan buatlah" kemudian ada "pulv" adalah singkatan dari "pulveres" yang artinya serbuk dan "No. XII" sebanyak dua belas buah.

Bila artinya digabung menjadi "Ambil dan Buatlah serbuk sebanyak dua belas buah" Tidak hanya itu penggunaan singkatan internasioanl juga digunakan untuk memberi dosis, seperti yang tertera pada resep dibawah ini S. 3 dd maksudnya adalah "Signa terdedie" yang artinya "tandai tiga kali sehari" dosis ini biasanya tertera pada etiket yang tertempel dengan obat yang telah kamu tebus dari apotek.

 

Contoh tulisan resep yang diketik (foto: dtd)

 

Itulah alasan kenapa resep dokter sulit terbaca, dan jika kamu menginginkan info lebih tentang obat tersebut. Kamu bisa menanyakannya kepada apoteker saat melakukan PIO atau proses penyerahan obat bersama pemberian informasinya.

 

Editor: Bogiva

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article