Zetizen.com – Dalam seleksi 50 besar nanti, kamu diwajibkan membuat sebuah video yang dapat mempresentasikan aksi kamu. Selain berdurasi 3 menit, ada beberapa syarat lain yang wajib kamu lakukan untuk masuk dalam kriteria penilaian. Yuk simak tips-tips ini biar video-mu makin menarik!

Pilih Aksi Terbaikmu

First of all, kamu wajib memilih satu (atau lebih) aksi terbaikmu yang akan dimasukkan ke dalam video berdasarkan tema yang sudah di approved oleh panitia. Contohnya nih, ada salah satu aksi kamu yang di approved panitia dengan tema lingkungan.  Nah, di dalam video kamu bisa menonjolkan aksimu yang bertemakan lingkungan dalam 3 menit. Jangan sampai ketika tema yang di approved adalah lingkungan, yang kamu tonjolkan dalam video malah aksi sosial atau aksi lain yang nggak ada sangkut pautnya dengan lingkungan ya.  

Nggak cuman itu, terkadang ada beberapa peserta yang justru memasukkan aksi mainstream. Padahal, ia memiliki aksi-aksi lain yang sebenernya jauh lebih menarik dari yang akan ia masukkan ke dalam video. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk meminta pertimbangan dari teman-teman atau gurumu. Ingat, kriteria aksi positif yang baik adalah yang dapat men-influence dan membuat perubahan positif di lingkungannya.

5W + 1H Wajib Masuk

Dengan menjelaskan who, what, where, when, why, dan how, video kamu tentu akan semakin padat dan berbobot. Bikin script biar penyampaian di depan kamera menjadi lebih mudah. Sebab, script ataupun catatan poin-poin penting tentang 5W1H kamu akan membuat penjelasan kamu to the point tanpa berbelit-belit. Apalagi, video kamu maksimal hanya 3 menit. Buat menghindari sliptongue alias keseleo saat berbicara, lakukan beberapa kali latihan dulu ya didepan kaca biar lancar.

Visi dan Misi Harus Jelas

Selain menjelaskan tentang aksi, kamu juga harus menjelaskan apa visi, misi, dan goals-mu ketika nantinya akan menjadi Alpha Zetizen (5 besar finalis provinsi). Kesalahan yang paling sering dilakukan peserta adalah membuat sebuah visi, misi, dan goals yang susah atau bahkan mustahil untuk dicapai. Hal ini tentu akan membuat juri berpikir dua kali untuk memilih kamu buat lolos ke tahap selanjutnya. Ingat ya, bikin yang jelas dan realistis.

Finishing yang Kece

Konsep dalam pembuatan video ini boleh disampaikan dengan cara biasa maupun ala vlog. Jadi, Zetizen nggak bakal ngelarang kamu dalam membuat karya dengan kreativitasmu. Oiya, hal yang wajib diperhatikan dalam pembuatan maupun finishing adalah memastikan mulai dari lagu, konten, hingga text yang ada nggak keluar dari tema dan konsep yang kamu angkat ya!

Submit Tepat Waktu

Percuma kan ya video yang kamu bikin kece berat, berbobot, dan sesuai kriteria, tapi submit-nya terlambat! Ayo kirim secepat mungkin, or at least 1 hari sebelum deadline yang ditentukan (Rabu, 13 September jam 23.59 Wib). Biar kamu punya cukup waktu kalau terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, seperti gagal upload, gagal terkirim, atau bahkan ternyata salah kirim ke alamat email lain! 

 

Nih Zetizen kasih contoh video yang mungkin bisa jadi referensi kamu. Good luck! (*)

 

Share
Create Your Own Article!