Are You a Zetizen?
Show Menu

Apple rilis iPhone 8 dan iPhone X, Apa bedanya?

Farahiyah Inarah Farahiyah Inarah 14 Sep 2017
Apple rilis iPhone 8 dan iPhone X, Apa bedanya?

Zetizen.com - Kemarin (13/9), Apple baru saja meluncurkan keluaran terbarunya. Nggak tanggung tanggung, langsung tiga iphone baru dikenalkan ke publik dengan tipe yang berbeda; yaitu iphone 8, termasuk iPhone 8 plus, dan iPhone X (iPhone Ten). Keberadaan iPhone X pun jadi pertanyaan tersendiri, karena selama ini iphone dirilis urut dengan angka, bukan dengan edisi khusus begitu. Jadi, apa sih bedanya iPhone X dengan iphone 8?

 

Penampilan

Diawali dengan penampilan yang berbeda, iPhone X dapat dikatakan sebagai inovasi perdana dari Apple. Yup! iPhone X memiliki desain yang berbeda dari iPhone-iPhone sebelumnya. Layar super retina bikin gawai ini punya kerapatan piksel yang tinggi. Nah, hal ini membuat resolusinya juga bakal ikutan lebih bagus.

Ditambah lagi pada iphone X, tombol home yang 'iPhone banget' juga dihilangkan. Penampilan iPhone X yang baru banget ini, berbeda dengan iphone 8. iPhone 8 mempunyai desain yang cukup sama dengan pendahulunya. Ini membuat iPhone 8 jadi nggak punya perbedaan yang cukup mencolok dari segi penampilan, bila dibandingkan sama iphone 7.

 

(Source: New Straits Time)

Spec

Dari segi spec, jelas kedua iphone ini memiliki perbedaan. Mulai dari ketebalan, ukuran, berat masing-masing. Meskipun keduanya sama-sama menggunakan software Apple A11. iPhone 8 menggunakan layar selebar 4,7 inci, sedangkan iPhone X punya layar lebih besar yaitu 5,8 inci. Dari segi ketebalan, iPhone X menang dengan angka tebal 7,7 mm. Sementara iPhone 8 hanya 7,3 mm.

Selain itu dari segi kamera, iPhone 8 kamera depan 7 MP dan kamera belakang 12MP. Sementara iPhone X menggunakan kamera depan yang juga 7 MP dan kamera belakang, 13 MP. Namun kerennya, pada iPhone X dibekali kamera ganda sehingga lebih recommended bagi penggemar fotografi.

 

Foto: iphone Heat

Face ID

Yup! Satu hal yang hanya akan kamu dapatkan di iPhone X adalah FaceID. Karena tomboh home iphone dihilangkan, Apple menawarkan Face recognition sebagai salah satu peningkatan keamanan yang sedang dikembangkan. Pada iphone 8, fitur ini masih belum ada.

Tapi tahu nggak sih, ternyata dalam demo yang dilakukan kemarin, Phil Schiller, wakil presiden Apple, sempat gagal loh mengidentifikasi diri pada FaceID. Yap, FaceID gagal mengenali wajah Phil sebagai password. Dan hasilnya, saham Apple menjadi jatuh tipis, dari yang semua $163 menjadi $159!

 

 

(Source: The Mercury News)

Harga

Nah ini dia yang bikin menghela nafas. iphone memang terkenal sebagai ponsel premium. Hal ini juga terbukti dari harga-harga iphone sebelumnya, yang memang untuk kalangan atas. Terutama ketika waktu-waktu baru rilisnya. Untuk keluaran terbaru Apple ini, iPhone X dihargai $999 loh, yang berarti setara Rp. 13,2 juta. Sedangkan untuk iphone 8, dihargai sedikit lebih murah yaitu $699, atau setara Rp. 9,2 juta. 

Tertarik buat menabung?

 

Editor: Fahri Syadia 

RELATED ARTICLES

Please read the following article