Zetizen.com - Belakangan ini, tren skincare lagi naik daun banget. Apalagi skin care dari negeri gingseng, yang katanya lebih cocok untuk wajah orang Asia. Tren ini juga makin populer berkat banyaknya review dari beauty blogger dimana-mana. Nggak heran kalau akhirnya makin banyak aja orang yang penasaran dan pengin nyoba produk-produk skincare kayak gitu.

But wait, sebenarnya sejauh apa sih skincare ini efektif merawat kesehatan kulit? Well, kali ini kita akan membahas skin care wajah serta efek dari penggunaannya. Ini dia macam-macam skin care yang ada dan sering kalian temui.

 

 

 

 

Cleanser

(foto:Huff Post)

Sama seperti namanya. Skincare yang satu ini gunanya buat membersihkan wajah dari kotoran-kotoran yang menempel kayak debu dan polusi. Setelah menggunakan cleanser, wajah bisa terlihat bersih, halus, lembut, nggak kering ataupun berminyak dan bahkan terasa lebih kencang. 

Cleanser ini juga termasuk skincare yang reaksi dan efeknya cepat terasa. Makanya, kalau kamu nggak langsung merasakan efeknya, bisa jadi kamu nggak cocok dengan produk skin care cleanser yang kamu punya. Coba ganti tipe tekstur cleanser, seperti gel, krim atau lotion sesuai dengan tipe kulit yang kamu miliki.


Toner

(foto:Today)

Pengin bikin wajah terlihat berseri, lebih lembut, dan halus? Kamu bisa coba pakai toner. Selain membersihkan wajah, toner juga bisa membersihkan sisa-sisa makeup yang tertinggal. Kemerahan juga akan mereda karena efek cooling yang dimiliki toner pada umumnya. Nah, kalau buat kamu si kulit berminyak, toner juga bisa membantu membuat pori-pori mu mengecil, lho.

Namun, beda sama cleanser, butuh waktu 1-2 minggu untuk melihat perkembangan hasil dari penggunaan toner. Kadang, kamu juga sudah mulai bisa melihat hasilnya meski dalam waktu satu kali pakai.

Sayangnya, nggak semua toner memiliki formula yang baik. Hati-hati dengan produk toner yang justru mengandung bahan yang keras untuk kulit. Apalagi buat kamu yang punya kulit sensitif, kamu perlu hati-hati sama skin-sensitizing fragrance yang sintetis maupun alami.


Exfoliant

(foto:aol)

Skincare satu ini bisa bikin kulit terasa lebih lembut, bersih, silky, dan kencang. Hal ini karena exfoliant bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di permukaan kulit. Wajah pun akan terlihat lebih cerah dan nggak kusam.

Perkembangan dari efek penggunaannya akan terlihat setelah 5-14 hari. Namun, penggunaan skincare satu ini cukup tricky. Kamu harus rutin memakainya, tapi nggak boleh tiap hari. Sebab, sifat exfoliant adalah mengikis sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Jadi, berikan jeda pemakaian rutin supaya kulitmu bisa beradaptasi dan nggak rusak.


Moisturizer

(foto:youtube)

Nggak sedikit orang yang beranggapan bahwa penggunaan moisturizer atau pelembap hanya diperuntukkan orang berkulit kering saja. Padahal, pelembap akan menghasilkan efek yang berbeda pada tipe kulit yang berbeda pula. Untuk tipe normal ke kering, penggunaan pelembap sangat penting untuk menghasilkan wajah yang terlihat lebih sehat, lembut, berseri, dan memudarkan kerutan-kerutan halus di wajah.

Meski kulit berminyak seringkali udah lembab dengan sendirinya, penggunaan moisturizer tetap penting, lho. Penggunaan moisturizer pada kulit tipe ini akan menghasilkan soft matte finish, dengan sedikit sentuhan glowing. Meskipun berbeda, penggunaan di siang hari harus ditemani sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Soalnya, tanpa perpaduan itu, bisa-bisa kamu malah kelihatan lebih tua.



Skin-Lightening Treatment

(foto:livestrong)

Kulit putih masih menjadi favorit dan warna ideal bagi beberapa orang. Nggak kaget kalau banyak sekali bermunculan skin care dengan janji memperputih kulit untuk menjawab kebutuhan pasar. Biasanya, skincare tipe ini baru bisa memutihkan putih setelah dipakai secara rutin, meski lama-lama kulit bakil kembali ke warna semula waktu pemakaian dihentikan.

Dalam penggunaannya yang rutin dua kali sehari, produk dengan hydroquinone akan menampakkan hasil saat 6-12 minggu selama kamu rajin memakai sunscreen. Nah, kalau hasilnya nggak terlihat bahkan setelah 12 minggu, kulitmu sepertinya membutuhkan perlakuan khusus seperti obat berbahan kimia, laser treatment, ataupun yang lainnya.


Acne Treatment

(foto:herb.co)

Berbagai skincare perawatan jerawat bermunculan untuk menjadi solusi para remaja. Penggunaan acne treatment bisa mengurangi banget jerawat dan bekas-bekasnya di kulit. Kulit akan terlihat lebih jelas dan bersih dengan mengempisnya congested pores and white bumps. Kekeringan akibat pengelupasan atau kemerahan tentu akan terminimalisir.

Saat menggunakan produk yang mengandung benzoil Peroksida dan salicylic acid, kamu mungkin bisa melihat hasilnya dengan seketika. Namun, perkembangan seluruhnya akan terlihat 4-12 minggu dari hasil penggunaan rutin. kalau nggak ada tanda-tanda kemajuan yang berarti setelah 12 minggu penggunaan rutin, lebih baik pilih produk skin care lainnya atau kunjungi dermatologist untuk konsultasi lebih lanjut. 



Anti-Aging Products

(foto:Moroccan Argan Oil)

Nah, kalau skincare yang satu ini memang di khususkan untuk mereka yang mulai menginjak usia kepala tiga. Anti-aging products dapat menghasilkan tampilan yang lebih muda, kulit terasa kencang, dan noda-noda hitam tersamarkan. Setelah penggunaan rutin at least 2 kali sehari, hasilnya akan mulai terasa setelah 2-4 minggu.

Penggunaan secara on going sangat dibutuhkan untuk perkembangan berkelanjutan. Tapi jangan harap bisa membuat kulit wajah kembali seperti usia 20-an yaa, apalagi dibandingkan dengan hasil operasi. Dengan banyaknya formula dan pilihan yang tersedia, tentu akan sangat susah sekali untuk menentukan skin care yang pas untuk anti-aging.

Sumber: Paula's choice

Editor: Bogiva


Share
Create Your Own Article!