Foto: Shopify

Zetizen.com - Tiap pergantian tahun ajaran kayak saat ini, pasti ada cerita anak yang kehilangan sahabat. Dia yang biasa ngelawak sejadi-jadinya, malah diam dan nggak ngajak ngobrol sama sekali. Atau yang biasa curhat sejam sekali malah cuma ngomong sepatah dua patah kata. Nyesek nggak sih kalau orang yang selalu kita andalkan tiba-tiba berubah? Nggak jarang itu bikin kita stres dan frustasi sendiri.

Eitts, tunggu dulu, jangan buru-buru menyalahkan dan menegurnya. Coba kamu tanyakan dulu ke diri sendiri, apa ada hal yang tanpa kamu sadari bikin sikapnya berubah?

 

Foto: Pinterest

1. Sibuk sama Kegiatan Baru

Musim tahun ajaran baru kayak sekarang, kita emang lagi antusias-antusiasnya mengikuti kegiatan baru. Misalnya organisasi, OSIS, ekstrakulikuler, hobi, hingga ospek bagi yang baru masuk kuliah. Belum lagi yang pacaran. Mungkin kamu nggak terlalu sadar, kesibukan baru itu bisa membuat komunikasi antara kamu dan sahabatmu jadi makin renggang.

Nah solusinya, coba selalu sempatkan waktu untuk ngobrol atau sekedar menyapa sahabatmu, biar dia nggak merasa tersingkir karena kegiatan barumu. Misalnya, sering-sering cerita atau minta saran seputar aktivitas barumu itu. Pasti, sahabatmu malah senang dan merasa dipercaya.

 

Foto: Pinterest

2. Lidah Kurang Dijaga

Kadang kita bicara terlalu blak-blakan dan frontal kepada sahabat kita karena menganggap dia nggak akan pernah memasukkan candaan itu ke dalam hati. But, itu salah besar. Sedekat-dekatnya seorang teman, dia tetap manusia yang punya perasaan.

Kalau yang kamu bercandain itu penampilan, misal potongan rambut barunya yang nggak ok, itu masih fine. Tapi kalau yang dibercandain itu hasil jerih payah, misal karyanya dia, nah itu yang bahaya dan bisa bikin sakit hati. Careful on your words, guys.

 

 

Foto: Pinterest

3. Nggak Memberinya Kesempatan

Kadang ada orang yang suka mendominasi pembicaraan, mungkin aja kamu salah satunya. Kamu terlalu semangat untuk bercerita sampai-sampai nggak memberinya kesempatan untuk mengutarakan perasaannya. Bisa jadi saat itu dia pengin curhat dan minta saran dari kamu, tapi kamu selalu memotong pembicaraan, dan malah nyeritain pengalamanmu sendiri.

Awas, kebiasaan itu bisa bikin sahabatmu nggak lagi nyaman, loh! 

 

Foto: Pinterest

4. Sibuk sama Teman Baru

Sadar nggak sih, di bulan-bulan sekarang, kita pasti banyak dipertemukan sama teman-teman baru. Ada yang naik dari SMP ke SMA, dari SMA ke kuliah, atau yang sekedar naik kelas sekalipun, teman kita bertambah dan berganti. Nah gara-gara ini, bisa jadi sahabatmu menjauh. Soalnya nggak cuma pacar aja yang bisa cemburu, sahabat juga bisa loh! Kamu update Instagram Story, Path, atau nge-post foto keluar sama teman-teman baru, itu udah cukup bikin sahabatmu itu ngerasa tergantikan. 

Atau di sisi lain, bisa juga sahabatmu yang sibuk sama teman barunya, dan ngerasa cocok sama mereka. Kita deh yang sedih..

Nah solusinya, mungkin kamu harus sebisa mungkin keep in touch sama doi, meski udah nggak sekelas atau satu sekolah lagi. Tetap lakuin hal hal yang biasa kalian lakuin, entah nonton bareng, main ke rumah, atau sekedar main PS bareng. Buat nunjukin, kalau kalian berdua nggak tergantikan!

 

Editor: Fahri Syadia

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!