Are You a Zetizen?
Show Menu

Dilakukan Selena Gomez, Ini 4 Fakta Menarik tentang Transplantasi Ginjal  

Fahri Syadia Fahri Syadia 18 Sep 2017
Dilakukan Selena Gomez, Ini 4 Fakta Menarik tentang Transplantasi Ginjal   

Zetizen.com - Mendonorkan atau menjual ginjal kadang dianggap sebagai keputusan yang putus asa. Bisa-bisanya menjual organ tubuh untuk mendapatkan sejumlah uang. Tapi beda ceritanya bagi Frascia Raisa, yang bersedia mendonorkan ginjalnya buat sang sahabat, siapa lagi kalau bukan artis selena Gomez.

Eh ternyata, banyak juga loh fakta-fakta menarik tentang transplantasi ginjal. Apa aja ya?

 

Foto: Etonline
  1. Ada 3 Macam transplantasi Ginjal

Ternyata, ada 3 cara seseorang bisa menerima donor ginjal. Cara yang pertama yaitu donation after brain stem death (DBD), biasanya dilakukan oleh pasien yang baru saja mengalami kecelakan fatal yang bikin kerusakan pada otaknya. Misalnya seperti kecelakaan lalu lintas. Namun, organ dalam orang tersebut masih bisa bekerja dan bisa didonorkan ke orang lain yang membutuhkan.

Lalu jenis yang kedua yaitu donation after circulatory death (CDC). Pendonor CDC pada dasarnya adalah orang yang jantungnya sudah nggak berdetak alias telah meninggal, namun dijaga tetap berdetak dengan mesin ventilator. Setelah ginjalnya diambil atas persetujuan keluarga, mesin ventilator berhenti dan pendonor yang bersangkutan akan meninggal.

Sedangkan jenis yang ketiga yaitu live donor, yang biasanya dilakukan dengan sengaja oleh relawan maupun oleh kerabat/keluarga. Fraisca raisa dan selena gomez termasuk transplatasi jenis ini.

 

Foto: Youtube
  1. Ada Orang yang Terlahir dengan Satu Ginjal

Kita mungkin udah pernah dengar, kalau orang bisa hidup normal hanya dengan satu ginjal. Tapi gimana kalau dia memang terlahir dengan satu ginjal? Ternyata, banyak juga loh bayi yang terlahir dengan kondisi gitu!

Orang yang sejak kecil hidup dengan satu ginjal, biasanya bisa hidup normal paling tidak hingga usia 25. Setelahnya, akan lebih rawan mengalami masalah-masalah kesehatan, seperti misalnya tekanan darah tinggi.

 

Foto: Video Blocks
  1. Tidak Disarankan Berolahraga dengan Kontak Fisik

Setelah melakukan operasi besar seperti transplantasi ginjal, pasti kita perlu melakukan penyesuaian buat tubuh. Meski bisa hidup normal, tapi orang yang mendonorkan ginjal atau menerima transplantasi ginjal ternyata nggak diizinkan buat melakukan aktivitas berat, misal berolahraga dengan kontak fisik.

Mereka masih bisa berolahraga kayak jogging, bilyard, dan tenis, tapi terlalu bahaya buat terlibat olahraga yang bersenggolan dengan lawan pemain, kayak sepak bola atau basket. Ini buat mencegah adanya guncangan pada organ dalam yang bisa menimbulkan masalah.

Menarik, apa nanti setelah sembuh, selena bisa perform maksimal lagi di panggung?

 

Foto: Slate
  1. Harga ginjal di Pasaran

Di pasar gelap alias pasar ilegal, ternyata ada juga ginjal yang dijual, loh! Karena itu organ manusia, nggak mengherankan kalau harga ginjal amat mahal. Di pasar gelap internasional, harga ginjal bisa mencapai 260.000 dollar, atau 3,6 milyar Rupiah!

Pedagang-pedagang ilegal itu mengincar orang-orang yang putus asa dan butuh uang, yang mau menjual salah satu ginjalnya. Di Indonesia sendiri, ini juga sering terjadi loh!

 

Source: Kidney Research, Encyclopedia

RELATED ARTICLES

Please read the following article