Are You a Zetizen?
Show Menu

Makin Dewasa, Makin Variatif Pula Bentonya!

Zetizen Zetizen 26 Mar 2016
Makin Dewasa, Makin Variatif Pula Bentonya!

Zetizen.com – Bento menjadi budaya yang melekat dalam kehidupan orang Jepang, sejak kecil hingga dewasa. Ke mana pun mereka beraktivitas, bento menjadi bawaan wajib yang nggak pernah tertinggal. Nah, makin bertambahnya usia seseorang, menu dan cara penyajian bento juga beda loh. Pengin tahu lebih lengkap soal bento? Keep scrolling!

 

Taman Kanak-Kanak

Anak playgroup atau TK umur 2-5 tahun pasti punya problem yang sama, yaitu being picky eater alias pilih-pilih makanan. Karena masih dalam masa pertumbuhan, makanan mereka wajib 4 sehat 5 sempurna. That's why, supaya doyan makan, bento anak TK Jepang biasanya dibentuk macam-macam karakter yang biasa dinamakan Kyaraben (character bento). Menu paling umum di kyaraben adalah nasi kepal onigiri karakter, sosis goreng gurita, potongan buah, roti sandwich, keju, tamagoyaki (telur gulung) yang dibentuk jadi imut.

 

Masuk Sekolah Dasar

Kebanyakan sekolah dasar di Jepang udah punya program makan siang di sekolah. bento anak SD biasanya hanya disiapkan buat kesempatan tertentu seperti turnamen olahraga sekolah, piknik, atau studi ekskursi yang dinamakan ensoku bentou. Menunya lebih beragam seperti telur dadar, ayam goreng karaage, onigiri, buah, dan sayur pasta. Isi bento lebih padat karena ensoku bento biasa dinikmati beramai-ramai bareng keluarga dan teman-teman.

 

Menginjak Sekolah Menengah

Bento cowok. Foto: Little Japan Mama
Bento cewek. Foto: japantimes

Sekolah SMP maupun SMA di Jepang kebanyakan nggak punya program makan siang di sekolah. Jadinya mereka kembali bawa bento. Tapi, ada perbedaan antara bento cowok dan cewek loh. Mostly, cowok di masa puber akan makan banyak. Mereka bawa bento besar wadah aluminium atau dokaben serta tambahan lainnya seperti roti yakisoba, hotdog atau makanan dari minimarket. Sedangkan cewek bakal membawa bento dengan tatanan cantik dan menu kurang karbohidrat untuk menjaga berat badan mereka. bento mereka disebut diet bento.

 

Masa Persiapan Kuliah

Kebanyakan anak muda Jepang memilih tinggal jauh dari ortu agar fokus mendapat kampus impian. Buruknya pola makan mereka saat persiapan ujian masuk menjadikan bento dari minimarket sebagai pilihan. bento minimarket umumnya menyediakan menu nasi dan side-dishnya berupa daging, acar dan sayur serba deep fried. At least, lebih sehat daripada makan mie instan dan junkfood ya.

 

Usia Dewasa

Jenis bento yang biasa dibawa bekal orang dewasa Jepang mulai banyak ragamnya. Misalnya, untuk yang pacaran atau baru menikah, bento berisi makanan bernutrisi seimbang, lengkap dengan pesan cinta yang dibentuk di atas makanannya. Para pekerja umumnya membawa bento yang disimpan dalam termos atau membelinya di stasiun terdekat. Saat ada perayaan khusus, orang Jepang menggunakan kotak bento yang lebih mewah.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article