Are You a Zetizen?
Show Menu

Bedah Karakter Tokoh dalam Film Turah, Mirip Banget dengan Sifat Kita

Rafika Yahya Rafika Yahya 22 Sep 2017
Bedah Karakter Tokoh dalam Film Turah, Mirip Banget dengan Sifat Kita

Zetizen.com -  Salah satu Film Indonesia berjudul Turah, terpilih untuk menjadi wakil dalam ajang Best Foreign Films di ajang Oscar 2018. Film berjudul turah  ini mengangkat cerita tentang kondisi warga di Kampung Tirang, wilayah terpencil di daerah Tegal. Hidup bertahun-tahun tanpa listrik dan air bersih membawa beberapa masalah baru yang diperankan dengan epik oleh para pemain yang asli orang Tegal.

Usut punya usut, ternyata Wicaksono Wisnu Legowo, sutradara Film Turah memilih karakter-karakter tersebut karena sering menemuinya di kehidupan sehari-hari. Jangan-jangan, beberapa tokoh ini ada yang mirip dengan karaktermu. Apa aja sih?

 

Turah (kiri) dan Jadag berbincang mengenai Darso

Foto: Wicaksono Wisnu/Sutradara Turah 

Turah - Silent Reader

Tokoh utama di Film ini diibaratkan sebagai mata bagi para penonton. turah adalah sosok yang melihat segala sesuatu yang terjadi di Kampung Tirang. Meski nggak melakukan apa-apa, tapi turah selalu menganalisa apa yang terjadi.

Orang-orang seperti turah biasanya kita panggil silent reader. Misalnya nih, di grup Line atau Whatsapp nggak pernah muncul dan Cuma nge-read doang, tapi sebenernya juga memikirkan apa yang terjadi, bahkan ikut mencari jalan keluarnya. So, jangan asal nge-judge temanmu yang silent reader, ya. Bisa jadi dia nanti yang paling cerdas nemuin solusi kalau ada masalah. Tepat seperti tokoh Turah.

 

Darso

Foto: Youtube

Darso - Bermuka Dua

Sebagai orang yang (katanya) ramah dan royal, Darso juga dikenal sebagai pemilik tanah Kampung Tirang. Nggak heran kalau semua orang hormat karena Darso sering memberikan uang secara cuma-cuma. Padahal, Darso punya maksud tersendiri yang akan diungkap di akhir cerita.

Ironisnya, sosok bermuka dua yang kelihatannya baik tapi diam-diam menusuk dari belakang ini sering banget kita temui di sekitar kita. Parahnya lagi, orang-orang ini sering banget bertindak semena-mena. Makanya, kita juga nggak boleh gampang percaya sama orang, kalau nggak mau dirugikan sama ulah orang semacam Darso dalam Turah ini.

 

Jadag

Foto: Youtube

Jadag - Bad Boy

Sosok pemabuk yang satu ini dikenal sebagai pembuat onar dan juga suka menuntut. Jadag suka menuntut tambahan uang pada Darso, tapi nggak mau bekerja lebih keras. Jadag juga menjadi tokoh sentral karena mengancam akan melakukan perlawanan kalau Darso terlalu berkuasa.

Diantara teman-teman sekelas, pasti ada sosok seperti Jadag, yang terkenal bad boy dan sering bikin masalah. Padahal, orang-orang seperti Jadag ini bakalan jadi orang pertama yang bakal bertindak ketika ada suatu hal yang nggak beres. Jadi jangan remehkan temanmu yang bad boy. Bisa jadi dia yang maju duluan melindungi kamu kalau ada apa-apa.

 

Kanti

Foto: Youtube

Sulis

Foto: Youtube

Sulis Si Protagonis, dan Kanti Si Pesimis

Sosok wanita di Film turah dimainkan dengan epik oleh tokoh Sulis dan Kanti. Sulis, seorang anak yang nggak punya orangtua dan hanya tinggal dengan neneknya. Sementara Kanti adalah istri turah yang nggak mau punya anak karena merasa hidup mereka akan makin sulit dan miskin dengan kehadiran anak.

Sayangnya, sosok protagonis seperti Sulis yang rela berkorban belakangan ini jarang ditemukan. Well, daripada mencari sosok seperti Sulis, kenapa kita nggak menjelma menjadi salah satunya? Psst, sebagai anak muda kamu harus berani keluar dari zona nyaman biar nggak terjebak pada kondisi yang ada seperti Kanti, ya.

 

Dari semua sosok diatas? Ada nggak, sih yang mirip sama kamu, atau sahabatmu?

 

Editor: Fahri Syadia

RELATED ARTICLES

Please read the following article