(foto: theoddysseynline)


08.00: “Duh, hari ini bakalan ngebosenin banget deh!”

10.00: “Wah! Senangnya bisa ketemu gebetan!”

10.30: “Sebel! Kenapa sih harus ada tugas matematika!”

11.00: “Tuhaaaaaaan! Aku benci hidup!”

Zetizen.com - Pernah ngalamin kejadian kayak di atas? Well, perubahan mood yang tiba-tiba emang seringkali bikin kegiatan seseorang terganggu. Apalagi kalau perubahan mood yang kamu alami benar-benar drastis. Duh, rasanya mau ngapa-ngapain udah keburu males duluan. 

Pada stadium paling parah, perubahan mood yang disebabkan stress macam ini biasa disebut bipoler disorder. Namun, belum tentu juga semua kejadian dan perubahan mood yang kamu alami merupakan kelainan tersebut.

Makanya, sebelum kamu beralih ke pengobatan serius, yuk coba tangani perubahan mood-mu dengan tips sederhana berikut.

 

foto: EverydayFeminism

Buat Jam Tubuh yang Rutin

Ngaku, deh! Pasti banyak diantara kalian yang suka begadang. Atau seenggaknya, jam tidurmu nggak teratur tiap harinya. Sadar nggak, sih kalau hal simpel kayak gini bisa bikin mood-mu gampang berubah dalam waktu singkat?

Yuk mulai menjaga jam tidur dengan membuat jam tubuh sendiri. Misalnya, menetapkan kalau tiap hari harus tidur pukul 9 malam dan bangun pukul 5 pagi. Selama seminggu, lakukan hal itu dengan konsisten. Dijamin deh perubahan mood yang kamu rasakan nggak akan separah dulu.

 

foto: onedio

Membangun dan Menjaga Hubungan

Seringkali waktu mood-mu lagi jelek, kamu justru menutup diri dan berusaha menjauhi orang-orang di sekitarmu. Meskipun tujuannya mungkin baik, tapi perubahan sikap yang tiba-tiba kayak gini seringkali justru menjengkelkan buat orang lain. That's why, kamu juga perlu mulai percaya sama orang-orang di sekitarmu sebagai salah satu tempat berbagi dan berkeluh-kesah.

Membangun hubungan dengan teman-teman adalah cara simpel untuk melepaskan stress. Apalagi kalau teman-temanmu ternyata punya berbagai ide dan kegiatan seru yang bisa membuat mood mu balik. Dengan memfokuskan diri pada hal positif kayak gitu, mood-mu nggak akan gampang berubah, deh!

 

foto: psicologiaymente

Nggak Perlu Obat!

Sebeum kamu berpaling pada obat-obatan dan resep dokter, ada baiknya kamu melatih dirimu untuk jadi lebih sehat dulu. Salah satu caranya, dengan berolahraga rutin.

Pernah denger pribahasa "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat", kan? Nah, itu bener banget loh, Guys!

 

 

foto: factyhealth

Lebih Terbuka pada Sekitar

Pada dasarnya, manusia itu merupakan makhluk sosial. Jadi kalau emang kamu punya masalah yang nggak bisa kamu atasi sendiri, nggak usah malu atau ragu buat membicarakannya dengan teman atau keluarga terdekatmu.

Biasanya, kebanyakan orang yang moodnya suka berubah-ubah sebenarnya punya banyak pikiran atau keluhan yang nggak bisa mereka sampaikan secara terbuka. That's why mengeluarkan semua unek-unek itu harusnya bisa jadi salah satu cara paling efektif buat mengembalikan mood-mu

 

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!