Are You a Zetizen?
Show Menu

Mobil Listrik Tanpa Baterai Pertama Di Dunia

Zetizen Zetizen 26 Mar 2016
Mobil Listrik Tanpa Baterai Pertama Di Dunia

 

Zetizen.com – Jepang emang nggak perlu diragukan lagi soal kekuatan industri teknologinya. Apalagi pada 18 Maret 2016 lalu, kelompok peneliti dari Toyohashi University of Technology dan Taisei Corp mengenalkan terobosan baru,  yaitu mobil listrik tanpa baterai pertama di dunia. Mobil itu menggunakan ban khusus yang menyalurkan  tenaga listrik dari permukaan jalan yang dialiri listrik.  

Mobil yang berkapasitas satu orang saja itu diuji pada jalanan khusus sepanjang 30 meter dengan kecepatan 10 km/jam. Dalam sesi tes tersebut, mobil mampu bergerak mulus  karena kawat baja yang tertanam di dalam ban mampu menyediakan sumber. Sayangnya, mobil listrik itu untuk sementara hanya bisa berjalan di jalanan yang di desain khusus dengan material tertentu.

Modifikasi mobil Toyota Auto Body’s Coms. Foto: Autoindustriya

 

Untuk menciptakan mobil ramah lingkungan itu, tim yang tergabung dalam proyek ini memodifikasi mobil Toyota bernama Toyota Auto Body’s Coms. Mobil itu awalnya memiliki berat 120 kg, tetapi bobotnya berkurang jauh karena tim mencopot baterai yang terpasang. Rencananya, mobil itu siap diuji coba secara publik pada 2022. Para peneliti berharap penggunaan mobil tanpa baterai itu bisa bekerja sama dengan operator jalan tol.

“Kendaraan ini masih belum cocok untuk dikemudikan jarak jauh karena kapasitasnya yang masih relatif kecil dan masih baru bisa berjalan di jalanan khusus. Namun akselerasi dari mobil ini sudah halus dan nyaman saat dikemudikan,” ujar Takashi Ohira, salah satu profesor yang tergabung dalam tim penelitri, dilansir dari Japan Times(japantimes/autoindustriya/dhs/sam)

RELATED ARTICLES

Please read the following article