Are You a Zetizen?
Show Menu

Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Final Interview Zetizen National Challange

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 25 Sep 2017
Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Final Interview Zetizen National Challange

Zetizen.com - Selain bersenang-senang dalam Zetizen Summit 2017, para alpha zetizen juga akan melalui tahap final interview untuk bisa menjadi Alpha Zetizen of the Years 2017 dan berangkat ke New Zealand. Tenang, nggak usah gugup dan takut buat tahap ini. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan nih biar final interview-mu lancar. yuk simak tips ini!

Before-After Aksi Wajib Jelas

Ilustrasi: Abid/ Zetizen Team

Aksi positif dikatakan berhasil jika kamu merubah angka nol menjadi satu. Maksudnya adalah kamu merubah sesuatu yang memang belum ada apa-apa atau memang tergolong buruk menjadi suatu hal  yang bagus dan baik. Nah, dalam presentasi nanti, kamu wajib menjelaskan latar belakang aksimu dan dampak yang didapat setelah aksimu dijalankan. Oiya, aksi yang kamu lakukan juga wajib berlanjut ya. Jangan cuman sekali aja.

Mention Semua Komunitas Aksi Positif yang Kamu Ikuti

Ilustrasi: Abid/ Zetizen Team

Jika kamu ikut atau bahkan memprakarsai sebuah komunitas aksi positif, jangan lupa buat sebutkan ke dewan juri ketika mempresentasikan aksimu ya. Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh dalam penilaianmu. Semakin banyak kamu mengikuti komunitas dengan aksi positif, tentu dewan juri akan berpikiran bahwa kamu punya banyak sekali program aksi positif yang siap dijalankan.  

Aksi Wajib Orisinal

Ilustrasi: Abid/ Zetizen Team

Nah, yang satu ini terkadang sering terlewat oleh para peserta. Terkadang, para alpha zetizen mempresentasikan aksi yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain atau komunitas lain. Nah, jika memang aksimu pernah dilakukan seseorang, kamu wajib menjelaskan perbedaan aksi yang kamu buat dengan aksi yang sudah pernah ada. Sehingga, dewan juri tau bahwa kamu tidak melakukan plagiat atau mencuri ide orang lain.

Presentasikan dengan Singkat Padat dan Jelas

Ilustrasi: Abid/ Zetizen Team

Waktu tiga menit tentu waktu yang sangat singkat. So, kamu harus benar-benar menyiapkan presentasimu dengan singkat, padat, dan jelas. Nah, tips yang bisa kamu coba adalah memperhatikan 5W+1H aksi yang kamu presentasikan. Jangan lupa juga lampirkan beberapa bukti aksi positif kamu berupa foto atau video sebagai bukti fisiknya ya.

RELATED ARTICLES

Please read the following article