Foto: Polygon

Zetizen.com – Jepang merupakan “tuan rumah” dari berbagai video game, salah satunya role-playing video games atau yang biasa kita sebut, RPG . Nggak hanya berhasil booming di negaranya aja, beberapa diantaranya pun bahkan berhasil merajai dunia game hingga saat ini. Game-game itu sampai dijuluki JRPG (Japan Role-Playing Video Games). Salah satunya yaitu Dragon Quest, yang telah ngeluarin edisi ke-XI nya.

Selain Dragon Quest, masih ada banyak JRPG games legendaris lainnya yang juga akan merilis edisi baru dalam waktu dekat. Check it Out!

 

Final Fantasy

Game buatan Hironobu Sakaguchi ini memang patut dibilang sebagai salah satu game legendaris asal Jepang. Sejak pertama kali muncul tahun 1987, game yang awalnya bergenre RPG ini langsung berhasil menyita hati penggemarnya. Tak hanya RPG, Final Fantasy membuka cabang dalam berbagai genre. Seperti, tactical role-playingaction role-playingdan juga massively multiplayer online role-playing, 

Game yang bercerita tentang perjuangan seorang pangeran yang berusaha merebut kembali kerajaan yang sempat dijajah oleh musuh ini, muncul pertama kali dengan hanya tersedia dalam Nintendo entertainment system saja. Namun, seiring dengan tingginya animo warga net sama game yang satu ini, beberapa series-nya hadir dalam berbagai platforms. Mulai dari windows, play station, xbox, hingga android dan mobile phone lainnya.

Hingga kini, Final Fantasy masih ada dan terus berkembang. Generasi terbarunya adalah Final Fantasy XV (15), yang tersedia dalam PlayStation 4, Xbox One, dan Microsoft Windows. Meskipun telah rilis pada tahun 2016, khusus pengguna Microsoft Windows harus bersabar, karena versi platform tersebut baru akan keluar di tahun 2018. Kabar baik buat kamu yang cuma punya konsol PC/laptop nih!

Sedangkan Final Fantasy XVI (16), akan rilis tahun 2018 dengan judul Dad of Lights.

 

Kingdom Hearts

Game RPG yang satu ini pertama kali meluncur dipasaran pada tahun 2002 dalam platform Play Stations 2. Karena makin ngetren, Kingdom Hearts akhirnya dirilis juga dalam Game Boy, Nintendo, Web browser, maupun Android dan iOS.  

Berbeda dari RPG lainnya, saat bermain game ini, kamu akan menjumpai beberapa karakter terkenal yang sudah tak asing lagi. Yap, Kingdom Hearts memang gemar berkombinasi dengan berbagai karakter dari Disney, Final Fantasy, dan The World Ends with You.

Seolah belum cukup puas dengan edisi terbarunya, Kingdom Hearts HD 2.8 Final Chapter Prologue yang telah keluar pada Januari 2017 lalu, Developernya pun berniat mengeluarkan Kingdom Hearts III pada tahun 2018 di Play Stations 4 dan juga Xbox One.

 

 

Fire Emblem

Fire Emblem, salah satu tactical RPG, yang siap ajak kamu untuk berpikir gimana caranya menang melawan beberapa kerajaan dari daerah lain sebelum akhirnya akan bertemu dengan the final boss. Plot tersebut jadi ciri khas Fire Emblem yang selalu dinikmati penggemarnya.

Game ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1990 oleh Nintendo. Edisi pertamanya, Fire Emblem: Shadow Dragon and the Blade of Light dapat dimainkan lewat family computer saja. Baru kemudian Fire Emblem hadir lewat berbagai platform, mulai dari Game Boy, Nintendo, iOS, Android, dan yang lainnya.      

Fire Emblem Fates, merupakan special edition sekaligus edisi terbaru dari Fire Emblem yang baru rilis April 2017 kemarin. Meskipun banyak yang menantikannya, Fire Emblem Fates hanya bisa dimainkan lewat Nintendo 3DS. Nggak puas di situ, Fire Emblem juga berencana merilis sequel lainnya yang akan dirilis tahun 2018. Sequel yang belum diberi judul tersebut akan dirilis pada platform yang lagi naik daun, Nintendo Switch.

So, JRPG mana nih yang paling kamu tunggu?

 

Editor: Fahri Syadia

 

Share
Create Your Own Article!