Are You a Zetizen?
Show Menu

Catalunya Bakal Pisah dari Spanyol, Gimana Nasib Barcelona?

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 04 Oct 2017
Catalunya Bakal Pisah dari Spanyol, Gimana Nasib Barcelona?

Zetizen.com – Politik Negeri Matador beberapa hari ini sedang panas. Bagaimana tidak, salah satu bagian negaranya, Catalunya terus mendesak pemerintahan Spanyol untuk memerdekakan mereka. Bahkan, hampir 90% warga Catalunya mendukung kemerdekaan daerahnya. Lalu, bagaimana nasib barcelona jika benar-benar terpisah dari Spanyol?

No More El-Clasico

foto: Vox

El-Clasico merupakan pertandingan klasik antara dua rival abadi Spanyol. Yaitu barcelona dan Real Madrid. Dengan terpisahnya Catalunya dengan Spanyol, tentu El-Clasico tidak akan kita jumpai lagi. Sebab, barcelona tidak akan ikut kompetisi La-Liga. Otomatis, peluang menonton El-Clasico hanya ada pada Liga Champions. So, pertandingan yang berpotensi ramai hanya derby Madrid antara Atletico Madrid dengan Real Madrid.

Memulai Kasta dari Bawah

Jika barcelona lepas dari Spanyol, tentu ia akan berpindah ke liga negara lain karena Liga Spanyol tidak mau menerima tim dari negara luar. Ada beberapa Liga yang bisa menampung barcelona di Eropa. Diantaranya adalah Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis.  Eits, nggak serta merta Barcelona  bisa langsung bisa main ke liga teratas dengan tim-tim terkenal loh. barcelona wajib memulai start dari kasta terbawah. At least, para Cules akan menunggu 4-5 tahun untuk bisa melihat barcelona ke kasta tertinggi liga.

Pemasukan yang Berkurang Drastis

Foto: Barcelona-Home

Hal yang akan menjadi masalah untuk barcelona adalah berkurangnya pemasukan mereka dalam satu musim. Bayangkan saja, dalam pertandingan El-Clasico di Camp Nou, harga tiket yang dijual adalah $150 untuk yang paling murah. Dan untuk VIP, harganya adalah $1,349.99 atau setara dengan Rp 18 Juta! Camp Nou sendiri memiliki kapasitas 99.354 penonton. Bisa dibayangkan kan berapa penghasilan yang didapat Camp Nou hanya untuk tiket? Hal ini masih belum termasuk berbagai iklan yang masuk ke barcelona loh.

Pemain Spanyol barcelona Terkena Imbas

foto: vbetnews

Dengan kondisi yang sedang panas-panasnya, pemain Spanyol di barcelona seperti Gerard Pique dan Andres Iniesta tentu berpotensi tidak di panggil ke Timnas Spanyol. Tentu hal ini juga bakal merugikan Spanyol karena Iniesta merupakan gelandang kunci Spanyol. Untuk sektor belakang, Pique juga sangat handal menghalau bola atas dari pemain lawan.

Akan Punya Lawan yang Lebih Kuat

Liga Inggris memiliki peluang yang besar untuk menerima barcelona di dalam kancah liga lokal. So, barcelona bakal punya lawan baru dengan tingkat yang lebih tinggi. Berkaca ke liga Spanyol, lawan berat  barcelona hanyalah real madrid dan Atletico Madrid. Sedangkan jika berangkat ke Liga Spanyol, barcelona akan berhadapan dengan banyak tim kuat seperti Arsenal, Chelsea, Manchester City, dan masih banyak lagi. Pastinya hal ini bakal jadi sangat seru.

 Source: Guardian,Dailymail,Heavy

RELATED ARTICLES

Please read the following article