Are You a Zetizen?
Show Menu

Belajar dari Tragedi Las Vegas, Harus Gimana Kalau Kita Terjebak Kerusuhan?

Rafika Yahya Rafika Yahya 05 Oct 2017
Belajar dari Tragedi Las Vegas, Harus Gimana Kalau Kita Terjebak Kerusuhan?

Zetizen.com - Tragedi penembakan yang menyasar penonton dalam acara konser musik di Las Vegas pada hari Senin (2/10) lalu telah menggegerkan warga dunia. Maklum, penembakan oleh Stephen Paddock itu jadi teror terburuk bagi Amerika Serikat sejak tragedi WTC (2001). 

Kebayang nggak sih kalau kita ada di posisi para korban? Ingat, kerusuhan bisa dialami siapa pun. Nggak harus karena penembakan, bisa juga sekedar senggolan waktu nonton konser, tawuran sepak bola, atau demonstrasi ricuh. Nah buat jaga-jaga kalau someday kamu terjebak di situasi tersebut, simak nih tipsnya buat menyelamatkan diri.

 

Foto: CNBC

Kenali Daerah Sekitar

Walaupun kamu datang di wilayah aman yang dijaga oleh polisi maupun pihak berwajib, tapi nggak ada salahnya mengenali daerah sekitar. Seperti pintu keluar maupun pos penjagaan. Nggak ada salahnya kok mencoba membuat rute penyelamatan diri atau jalan keluar tercepat dari kerumunan.

Misalnya nih kamu nonton konser di tempat indoor. Nah, sebelum masuk, kamu bisa tuh ‘survey tempat’. Seperti bertanya pada petugas dimana pintu keluar hingga mencari tempat berlindung. Kalau di tempat outdoor, kamu perlu tahu dimana letak persimpangan maupun gang-gang kecil untuk keluar dari kerusuhan.

 

Foto: CNBC

Bawa Kartu Identitas dan Uang Tunai

Dimana-mana, kartu identitas ataupun tanda pengenal punya fungsi yang besar. Selain menunjukkan identitasmu, tanda pengenal juga jadi cara bagi pihak yang berwenang untuk menghubungi orang terdekat kalau-kalau terjadi hal yang buruk. Kalau kamu belum punya KTP, sah-sah aja kok membawa kartu pelajar.

Selain itu, bawa uang tunai juga jadi cara yang pas untuk menjaga diri dari kerusuhan. Minimal kamu bisa membayar transportasi untuk pulang, membeli obat atau plester, atau sekedar beli air mineral buat menenangkan diri.

 

Foto: The Chive

Tetap Tenang

Emang, sih ketika terjebak dalam kerusuhan, kita dituntut untuk bergerak cepat dan tanggap. Tapi, bersikap panik dan tergesa-gesa malah jadi bumerang buat kamu. Selain bikin orang lain ikutan kesal, kamu bisa memicu kegaduhan. Bahkan karena terlalu panik, pastinya kamu makin bingun mencari jalan keluar!

So, berjalanlah dengan tenang, namun cepat. Dan kalau bisa, hindari kerumunan saat menyelamatkan diri. Sebagian korban jiwa dalam kasus Las Vegas bukan cuma karena tertembak, tapi juga karena terinjak-injak massa saat menyelamatkan diri.

 

Foto: Associated Press Photo

Masuk ke Ruang Tertutup

Kerusuhan biasanya terjadi di ruang terbuka. Nggak jarang massa yang terlibat membakar mobil. Berbagai kerusuhan biasanya dicegah oleh polisi dengan melemparkan gas air mata.

Untuk menghindari beragam masalah dalam kerusuhan, opsi yang bisa kamu pilih adalah masuk ke ruang yang tertutup. Pastikan kamu nggak membuat kegaduhan dari dalam ruangan tersebut, dan tunggu di sana sampai kerusuhan mereda.

 

Editor: Fahri Syadia

RELATED ARTICLES

Please read the following article