Are You a Zetizen?
Show Menu

Peringkat Universitas Dunia Versi Webometrics, Kampusmu Peringkat Berapa?

Yognaw Yognaw 07 Oct 2017
Peringkat Universitas Dunia Versi Webometrics, Kampusmu Peringkat Berapa?

 

Zetizen.com - Nggak bisa dimungkiri, makin tinggi ranking suatu universitas, makin banyak juga calon mahasiswa yang pengin berkuliah di situ. Hayoo.. Kamu juga pasti pernah kan ngelihat seberapa bagus sebuah Universitas dari rankingnya?

Buat mengakomodasi keperluan ini, tiap tahun, Webometric, sebuah website survey online rutin me-ranking Universitas di seluruh dunia berdasarkan berbagai parameter ilmiah yang diterapkan.

Rangking Universitas webometrics sendiri adalah sebuah inisiatif dari Lab Cybermetrics, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Webometrics menerapkan 4 indikator yang menentukan rangking dari sebuah universitas, yaitu Ukuran (S), Visibilitas (V), File Kaya (R), Scholar (Sc). 

Peringkat rangking Universitas terbaru yang dilansir webometrics pada juli 2017, menempatkan Harvard University di urutan pertama. Penasaran dengan urutan selanjutnya? Simak top 10 Universitas dunia berikut ini.

 

Di tahun ini, universitas-universitas di Amerika Serikat mendominasi peringkat ke 1 sampai ke 6 Universitas terbaik dunia versi Webometric. Disusul oleh Inggris dengan University of Oxford yang menempati urutan ke 7. Sedangkan, jika melihat peringkat dari Universitas di Asia, peringkat pertama dipegang oleh University of Tokyo, yang menempati urutan ke 43.

  

 

Sedankan, Universitas peringkat pertama di Indonesia versi Webometrics ditempati oleh Universitas Indonesia. Universitas yang berpusat di Depok, Jawa Barat ini berada di peringkat 955 dunia, berada diatas Universitas Gadjah Mada yang berada di peringkat 1004 dunia dan Institut Teknologi Bandung di peringkat 1211 dunia. 

Meski tiga peringkat teratas dihuni nama-nama Universitas yang udah nggak asing, beberapa nama Universitas di bawahnya justru banyak yang berubah. Diantaranya peringkat UNS dan IPB yang sama-sama naik dari versi sebelumnya.

Itulah peringkat dari universitas-universitas dan Indonesia versi Webometrics. Bisa buat tambahan referensi bagi kamu yang lagi bingung milih universitas. Buat yang sudah jadi mahasiswa, jangan jadi iri atau malah enggan pede setelah membaca ini ya. Tetap semangat!

Buat yang penasaran sama universitasnya, kamu bisa langsung cek website webometric di sini : http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20

 

Editor: Bogiva

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article