Are You a Zetizen?
Show Menu

Hindari Bahaya Oknum Transportasi Online dengan Aplikasi Ini

Rafika Yahya Rafika Yahya 08 Oct 2017
Hindari Bahaya Oknum Transportasi Online dengan Aplikasi Ini

Zetizen.com - Keberadaan transportasi online emang membantu banget. Tinggal buka aplikasi, abang driver pun akan muncul di lokasi. Sayangnya, hal ini juga dibarengi kasus-kasus akibat perilaku nggak baik beberapa oknum driver. Mulai dari kasus pencurian, driver abal-abal, dan bikin nyasar! Untuk mencegahnya, yuk, pakai aplikasi berikut ini!

Find My Friends

Find My Friends

Foto: Google Play Store

 

Dilihat dari namanya, fungsi utama aplikasi ini tentu buat mencari tahu keberadaan orang lain. Caranya, kamu bisa mengirimkan invitation kepada orang yang ingin kamu ketahui keberadaannya. Kalau dia setuju, maka lokasinya langsung muncul di aplikasi pada smartphone-mu.

Uniknya, kamu bisa menentukan kapan harus berbagi lokasi dengan orang lain. Jadi, kalau hari ini kamu nggak pengen orang lain tahu lokasimu, kamu tinggal menonaktifkannya.

Zenly Locator

Punya tampilan unik seperti Line, Zenly Locator bisa mebagikan lokasi secara real time. Asyiknya lagi, seluruh layanan Zenly bisa didapatkan secara gratis! Keunggulan lain adalah fitur chat dengan beragam emoji.

Nah, waktu kamu lagi naik transportasi online, kirim aja chat kepada orang terdekatmu tujuan dan rutemu. Mereka bisa mengecek apakah rutemu sesuai dan sudah sampai tempat tujuan.

Zenly Locator

Foto: Google Play Store

Famy

Famy

Foto: Google Play Store

 

Salah satu kritik yang diberikan pada layanan transportasi online adalah keberadaan panic button. Jadi, waktu ada masalah di tengah jalan, pengguna tinggal menekan tombol tersebut. Nah, kekurangan itu ditangkap aplikasi Famy yang dilengkapi fitur mengirimkan pesan bahaya pada group chat.

Keunggulan lain adalah kemampuan Famy merekam dan menyimpan jejak lokasi yang telah dilalui. Biar lebih akurat, Famy punya empat opsi pilihan peta untuk menandai lokasi orang lain. Jadi, kamu nggak perlu insecure kalau driver memilih rute yang salah. Sebab, hal itu akan langsung diketahui keluarga dan orang-orang terdekatmu.

iSHaring

iSharing

Foto: YouTube

 

Kelemahan aplikasi sharing lokasi adalah menghadapi orang tua yang gaptek dan malas mengutak-atik smartphone. Hal itu pun dimanfaatkan Family Locator untuk membuat fitur unik. Saat kamu merasa terancam dalam perjalanan bersama transportasi online, Family Locator akan mengirimkan pesanmu via SMS.

Keunggulan lain adalah fitur Walkie Talkie yang bisa kamu gunakan dengan orang lain. Jadi, kalau kamu berada dalam bahaya dan nggak bisa mengirimkan pesan, kamu bisa langsung mengabari orang-orang terdekatmu dengan fitur ini. Asyik kan?

Companion

Companion

Foto: Apple Store

 

Serupa dengan aplikasi lain yang berfungsi untuk menjaga keamanan dengan mebagikan lokasi pada orang-orang terdekat, aplikasi Companion muncul dengan fitur yang bikin kamu nggak sendirian. Setelah mengunduh aplikasi ini, kamu akan menambahkan kontak orang-orang terdekatmu.

Nah, waktu kamu dalam perjalanan, orang terdekatmu akan menerima notifikasi. Biar lebih aman, tiap 15 detik akan muncul notifikasi bertuliskan “Are You Safe?” dengan dua opsi, yes dan no. Kalau kamu memilih no, maka orang terdekatmu akan menerima notifikasi bahwa kamu dalam bahaya. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk iOS. Pengguna Android harap bersabar ya.

 

| Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article