Foto: Instagram

Zetizen.com - Ungkapan selamat jalan memenuhi kolom komentar di akun @lolyagstna. Gadis berusia 20 tahun yang mengidap kanker sarkoma ewing ini menjadi terkenal karena sering membagikan kisahnya via Instagram. Siapa sangka, setelah bertahun-tahun berjuang, kemarin (15/10) Lolyta menghembuskan napas terakhirnya. Meski Lolyta sudah tiada, tapi ada banyak hal yang masih bisa disimak dari semangat dan kekuatannya. Apa aja sih?

Lolyta Agestina menjadi terkenal karena unggahan video yang setahun yang lalu. Dalam video itu, Ia bercerita tentang suatu obat yang dibutuhkannya untuk sembuh dari penyakit. Setelah video itu ditonton jutaan orang, Ia terus bercerita tentang perkembangan kesembuhannya dan terus membagikan semangat, terutama bagi orang-orang yang juga mengidap penyakit.

 

Foto: Instagram

Suka Berbagi Inspirasi

Sarkoma ewing dikenal sebagai jenis kanker yang menyerang anak-anak dan remaja. Kuat dugaan mutasi genetik dan perubahan kromosom menjadi sebab kemunculan kanker ini. Sebagai penyakit langka, sarkoma ewing biasa menyerang remaja laki-laki.

Keistimewaan inilah yang membuat Lolyta aktif berbagi kisahnya dalam proses penyembuhan, terapi dan perawatan yang dijalaninya selama di rumah sakit. Nggak jarang, Ia juga menyebut jenis obat yang dikonsumsinya agar cepat sembuh. Well, masa kita yang sehat enggan berbagi seperti Lolyta?

 

Foto: Instagram

 Saling Beri Semangat

Setelah lulus dari SMKN 60 Jakarta, Lolyta nggak bisa pergi kemana-mana karena harus menjalani perawatan. Karena sarkoma ewing, Ia lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sakit daripada di rumah. Akhirnya, Ia menjalin pertemanan dengan sesama pasien. Salah satunya Agas.

Dalam beberapa kali kesempatan, Lolyta mengabadikan Agas yang dirawat tepat disamping ranjangnya dalam video atau foto yang diunggahnya ke akun instagram. Seolah mengabaikan tubuhnya yang juga dalam kondisi lemah, ia menambahkan caption berisi kata-kata penyemangat. Yap, Lolyta memang seringkali memberi semangat orang-orang yang juga mengidap kanker seperti dirinya.

 

Murah Senyum

Meski mengidap sakit langka yang membuat kakinya harus diamputasi dan membuat rambut panjangnya habis, tapi Lolyta tetap tersenyum lebar tiap mendapat kunjungan. Nggak cuma para wartawan yang menulis berita tentangnya, tapi juga para artis dan seleb. Sebut saja Angel Lelga, Kevin Royano, Ivan Gunawan hingga Billy Syahputra.

Dengan topi rajutan yang selalu melengkapi penampilannya, di tiap foto Lolyta selalu tersenyum lebar, seolah-olah tidak ada yang terjadi padanya. Nah, Lolyta yang sakit aja masih terus tersenyum. Masa kamu yang masih sehat selalu pasang muka jutek, sih?

 

Foto: Instagram

Berpikir Positif

Sarkoma ewing bukan hanya menyerang tulangnya dengan kanker ganas. Ia juga harus mengikuti kemoterapi serta harus kehilangan rambut hitam panjangnya karena rontok. Namun, dia tidak melihat semua yang terjadi sebagai sebuah musibah

Bahkan, Lolyta mengungkapkan bahwa berkat sakit yang dideritanya, Ia jadi tahu ada banyak hal yang lebih indah. Misalnya, karena kakinya yang diamputasi, dia jadi senang karena ada banyak teman yang dulu tidak dikenalnya, kini datang menjenguk dan memberi semangat untuknya.

Selamat jalan, gadis ceria yang selalu menginspirasi!

 

Editor: Fahri Syadia

Share
Create Your Own Article!