Ingin mengajak libur bareng sekeluarga, tapi bosan dengan tempat wisata di Jakarta yang itu-itu saja? Kenapa tidak coba berkunjung ke museum? Selain menyenangkan, jalan-jalan ke museum juga menambah wawasan juga loh. Cocok bagi kalian sekeluarga untuk mengenalkan anak-anak akan sejarah Bangsa Indonesia. Lalu, museum di Jakarta apa saja yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga.

 

Museum Nasional Republik Indonesia

Museum Nasional Republik Indonesia (foto:via asean-life.com)

Berlokasi di jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Museum Nasional Republik Indonesia atau juga dikenal dengan Museum Gajah merupakan museum pertama dan terbesar di Asia tenggara. Letaknya yang tidak jauh dari Monas atau Monumen Nasional, membuat museum ini selalu ramai dikunjungi.

Museum yang berdiri sejak 24 April 1778 ini mempunyai banyak koleksi benda-benda sejarah yang dibagi menjadi 7 jenis, yakni prasejarah, arkeologi, keramik, numistik heraldic, sejarah, geografi, dan etnografi. Cukup lengkap bukan?


Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional (foto:via. dorkydoctor.wordpress.com)

Museum Kebangkitan Nasional terletak tidak jauh dari pasar Senen, tepatnya di jalan Dr Abdul Rahman Saleh, Jakarta Pusat. Pada mulanya, bangunan museum ini merupakan gedung sekolah dan asrama kedokteran milik Belanda dengan nama School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen atau bisa disingkat STOVIA.

Tempat wisata museum di Jakarta yang satu ini dibagi menjadi dua bagian. Di sebelah kanan terdapat ruang pengenalan, ruang awal kesadaran nasional, ruang sebelum pergerakan, dan yang terakhir ruang pergerakan nasional.

Sedang di sebelah kiri, terdapat ruang informasi, ruang dosen STOVIA, ruang memorial Boedi Oetomo, ruang pendidikan STOVIA, ruang asrama STOVIA, dan ruang perpustakaan museum.

Harga tiket masuk ke museum ini amat sangat murah, kalian hanya cukup mengeluarkan uang sebesar 2000 rupiah untuk menikmati koleksi museum.


Museum Bahari

Museum Bahari (foto:sumber:ferdicullen.com)

Di museum kali ini, kalian akan belajar tentang kebaharian dan kenelayanan Bangsa Indonesia dari ujung barat hingga timur. Pasalnya, Museum Bahari yang terletak di jalan Pasar Ikan, Sunda Kelapa, Jakarta Utara ini mempunyai koleksi barang seperti jangkar, teropong, miniatur perahu, bahkan perahu asli dari berbagai daerah di Indonesia. Ada juga koleksi perahu dan juga alat kelautan yang digunakan pada jaman penjajahan Belanda dulu.


Museum Taman Prasasti


Museum taman Prasasti berlokasi di jalan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Museum dengan luas 1,2 hektar ini merupakan peninggalan cagar budaya pada masa penjajahan Belanda. Di dalam museum ini, kalian bisa menemukan banyak benda-benda dengan nilai seni tinggi, seperti seni pahat, patung, kaligrafi, dan lukisan bertemu di satu gedung.

Keunikan dari museum Taman Prasati ini adalah terdapat koleksi miniatur makam kuno dari 27 provinsi di Indonesia, serta beberapa koleksi kereta jenazah.


Museum Hakka Indonesia


Nama museum ini diambil dari salah satu suku Tiongkok yang melakukan perjalanan ke bumi Nusantara pada ratusan tahun lalu, yaitu suku Han yang terkenal akan kemahirannya meracik obat-obatan tradisional. Hakka sendiri mempunyai arti tamu atau pendatang.

Museum Hakka terletak di Taman Mini Indonesia Indah, dan memiliki 3 lantai yang terdiri dari Museum Hakka Indonesia, Museum Tinghoa Indonesia, serta Museum Yodding Hakka Indonesia. Jika berkunjung ke dalam museum, kalian akan menemukan banyak koleksi perabotan rumah tangga jaman dulu khas negara Tiongkok, seperti piring, gelas, mangkok, tempat tidur, dan juga alat-alat yang digunakan untuk meracik obat.

Itu dia beberapa museum yang bisa dijadikan tempat liburan alternatif di Jakarta. Have nice a trip!


Share
Create Your Own Article!