Zetizen.com - Pengen punya make-up high end, tapi harganya selangit? Atau pengen make-up A dan B, tapi takut nggak cocok sama warna kulit? Nah, hal-hal seperti itu yang bikin make-up preloved semakin banyak dicari. Eits, istilah preloved nggak selalu "bekas pakai". Ada juga barang preloved yang belum dipakai sama sekali. Tertarik beli make-up preloved? Baca dulu tips berikut ini!

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Beberapa produk memakai bulan sejak dibukanya produk sebagai patokan (foto:The Chic Site)

Nggak cuma makanan dan minuman yang punyai tanggal kadaluarsa. Kosmetik pun juga punya tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Biasanya, beberapa brand terang-terangan menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun kadaluarsa. Tapi, nggak jarang pula yang cuma mencantumkan waktu kadaluarsa seperti gambar di atas.

Seperti apa waktu yang dimaksud? Misalnya, ada suatu produk yang mencantumkan gambar bertuliskan 3M. Anggap saja kita membuka produk tersebut pada Januari. Berarti, kita nggak boleh menggunakan produk itu lagi pada bulan April. Yap, tiga bulan setelah produk dibuka. Jadi, pastikan kamu tahu kapan produk yang kamu beli itu pertama kali dibuka ya!


Minta lagi Foto dan Video Kondisi Produk

Mintalah foto/video kondisi produk terbaru (foto:Female Daily)

Kasus yang terjadi saat membeli make-up preloved adalah perbedaan isi produk dengan keterangan yang dicantumkan seller. Misalnya, penjual menulis keterangan kalau isi produk tinggal 80 persen. Eh, waktu kita menerima produk itu, sisanya cuma 50 persen dari tube.

Nah, agar nggak ketipu dan dirugikan, kita boleh banget kok meminta seller mem-foto atau bahkan mem-video kondisi terakhir produk. Jangan sampai kamu menyesal karena barang yang kamu dapat nggak sesuai ekspektasi!


Hindari Beli Lipstik Preloved

Bersihkan aplikator lipstik preloved sebelum digunakan ya! (foto:Bananina Magazine)

Sebaiknya, hindari beli lipstik preloved deh! Bayangkan aja. Di dalam mulut manusia ada sekitar 100 milyar mikroorganisme yang bisa menyebabkan penyakit. Nah, bibir kan salah satu bagian mulut. Jadi, kalau kita beli lipstik preloved yang kita nggak tahu riwayat kesehatan penjualnya... Hiiii, seram!

Tapi, kalau kamu pengen banget atau butuh beli lipstik preloved (mungkin karena produknya limited edition), pastikan kamu sudah membersihkan ujung aplikatornya dengan kapas yang sudah dibasahi alkohol. Bersihkan sampai benar-benar besih ya sebelum dipakai mengaplikasikan lipstik ke bibir! Kalau lipstic itu berbentuk stick, sebaiknya pakai aplikator sendiri.


Bandingkan dengan Harga dan Kondisi Produk Asli

Telitilah sebelum membeli barang preloved (foto:Racked)

Yap, nggak ada patokan harga untuk sebuah barang preloved. Penjual cuma pakai rumus kira-kira dan mempertimbangkan kondisi barang untuk menentukan harga. Oleh karena itu, sebelum beli, sebaiknya cek dulu harga asli atau harga resmi toko dari produk tersebut. Pastikan kondisi fisiknya untuk menghindari penipuan produk KW alias palsu. Kalau selisih harga asli dengan harga preloved-nya nggak terlalu jauh, mending pikir-pikir lagi deh!


Share
Create Your Own Article!