Are You a Zetizen?
Show Menu

Manfaat Menulis Blog Itu Banyak Lho!

Zetizen Zetizen 27 Oct 2017
Manfaat Menulis Blog Itu Banyak Lho!
Foto: Pixabay

 

Zetizen.com - Selamat Hari blogger Nasional! Pasti nggak asing lagi kan sama istilah fashion bloggerbeauty bloggertravel blogger, dan sejenisnya? Yap, sekarang sudah banyak orang yang sadar tentang manfaat menulis blog. Kamu tertarik bikin blog, tapi belum yakin? Atau masih nggak paham manfaat menulis blog? Yuk, disimak!

Arena Paling Pas buat Latihan Menulis

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Blog adalah "catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses siapa saja". Oleh karena itu, sebenarnya kita bebas mau menulis apa aja di blog. Mau curhat tentang mantan, bikin cerpen berjilid-jilid, bahkan tentang tips merawat action figure pun boleh. Nggak ada yang melarang asal nggak offensive dan melanggar UU ITE.

Dari situ, kamu bisa mengeksplor gaya tulisanmu. Kalau sudah di-publish, share link-nya ke teman-teman atau blogger lain. Minta mereka buat memberi kritik yang membangun.

Nggak usah khawatir kalau Blog masih sepi. Semua blogger pemula juga mengalaminya kok. You need patient and commitment kalau mau blog-mu dikenal seperti Anastasia Siantar dan Sonia Eryka.

Membantumu Mencari Passion

Awalnya sih iseng bikin blog. Ikut-ikut teman yang suka menulis puisi di sana atau bahkan karena ada tugas yang dikumpulkan via blog. Eits, kalau niat mendalami, jangan berhenti sampai di sana. Eksplor terus blog-blog lain yang sudah punya nama.

Mulai dari makanan, buku, bahkan DIY! Coba aja satu-satu. Waktu hangout di cafe, jangan lupa foto makanannya dan tulis review-nya di blog. Begitu juga setelah nonton drama Korea. Lama-lama kamu akan tahu apa yang paling pengen kamu tulis.

Food <a href= Blog by Inijie" width="406" height="407" /> DIY <a href= Blog - A Beautiful Mess" width="351" height="406" />

                                                       Food Blog by Inijie                                       DIY Blog by Elsie + Emma

 

Punya Kenalan yang Banyak

Jangan salah. Ada banyak lho komunitas blogging yang nggak abal-abal. Maksudnya, kamu nggak cuma diberi wadah berinteraksi dengan sesama blogger, tapi juga diberi ilmu biar jadi blogger yang lebih baik. Mulai dari trik menulis yang menarik, how to engage readers, sampai mempromosikan blogmu. Selain itu, blogger biasanya diundang ke acara-acara besar. Topiknya pun beragam. Dari situ kamu bisa berkenalan dengan lebih banyak orang, nggak cuma sesama blogger aja.

Bisa Dapat Uang Jajan Lho!

Yap, tulisanmu bisa menghasilkan uang. Kalau blogmu sudah stabil (postingan konsisten, nggak ditelantarkan) dan tulisanmu oke, nggak jarang tawaran kerja sama berdatangan. Yah, bisa dibilang blogger itu semacam Selebgram, tapi "kekuatannya" di tulisan. Anggap aja tawaran itu seperti endorsement. Bisa berupa uang, bisa juga berupa barang.

Misalnya, beauty blogger sering mendapat tawaran me-review produk make-up terbaru atau skincareFashion blogger biasanya mendapat undangan ke pembukaan fashion store atau bahkan fashion show! Bahkan travel blogger bisa keliling dunia hanya berbekal tulisan dan pastinya skill fotografi mumpuni. Jadi, buat kamu yang berencana menulis di blog, jangan setengah-setengah!

Foto: storyv

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article