Zetizen.com - Kemarin (31/10), dunia entertainment diramaikan oleh pernikahan pasangan yang bertemu dalam drama Descendants of the Sun (DOTS), siapa lagi kalau bukan Song Hye Kyo dan Song Joong Ki. Usut punya usut, ternyata kisah pasangan yang disebut SongSong Couple ini juga mengandung makna spesial yang bisa kita pelajari, loh!

 

Awalnya nggak ada yang mengira kalau keduanya benar-benar menjalin hubungan. Well, ternyata istilah jawa yang berbunyi “Witing Tresna Jalaran Saka Kulina” yang berarti cinta datang karena terbiasa benar-benar terjadi di kehidupan mereka, ya. Soalnya, usai merampungkan syuting DOTS, keduanya sempat menghilang sejenak sebelum akhirnya mengumumkan hubungan cinta mereka.

 

Dan kemarin menjadi bukti cinta mereka. Bertempat di Shilla Hotel di Seoul, pagi tadi Song Joong Ki mengucapkan janji suci di hadapan para keluarga serta istrinya, Song Hye Kyo. Dibalik kehangatan pernikahan mereka, ternyata ada makna yang dalam, yang bisa kita jadikan pelajaran juga.

 

 

Korsel Sempat Melarang Nikah Satu Marga

Foto: Koreaboo

Di Korea Selatan, marga atau nama keluarga berada di depan. Artinya, pasangan ini punya marga yang sama. Did you know, Korea Selatan sempat melarang pasangan dengan marga yang sama untuk menikah, loh. Alasannya, sejak dulu pemerintah benar-benar melarang hubungan pernikahan antara pasangan yang punya kesamaan suku. Ribet amat ya? No no no. Kebijakan ini adalah bagian dari adat yang telah berlangsung sejak lama.

 

Meskipun begitu, pemerintah sempat sementara mencabut kebijakan ini pada tahun 1977, 1987 dan juga 1995. Dalam rentang waktu tersebut, survei membuktikan kalau ada hampir dua ratus ribu pasangan dengan marga yang sama menikah. Akhirnya, kebijakan itu benar-benar dihapuskan pada tahun 2005.

 

Makanya, pernikahan Song Hye Kyo dan Song Joong Ki seolah merepresentasikan kalau kekuatan cinta bisa mendobrak adat sekalipun. Wah, mirip sama kisah dalam drama-drama klasik Indonesia yang banyak menceritakan tentang perjuangan cinta menentang adat, bukan?

 

 

Prosesi Simpel

Foto: Soompi

Sebenarnya, prosesi pernikahan adat di Korea Selatan sama ribetnya dengan Indonesia. Mulai dari kewajiban pengantin pria membawa sang mempelai dengan kuda menuju kediaman sang pengantin wanita, hingga memasang lentera handmade di pekarangan rumah.

 

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, cara ini ditinggalkan dan para calon mempelai memilih prosesi yang lebih simpel. Alasannya, berdasarkan berbagai survei, nyatanya rakyat Korsel menghabiskan banyak biaya untuk memenuhi adat. Nggak heran kalau pasangan yang menikah kebanyakan adalah orang-orang yang berusia kepala tiga. Akhirnya, prosesi adat ini pun digantikan dengan prosesi yang simpel, seperti pesta kecil dengan mengucap janji di altar. Dan akhirnya, proses simpel lah yang dipilih oleh SongSong Couple.

 

Bukan berarti meremehkan makna dari upacara pernikahan, melainkan lebih menekankan kalau menikah itu soal gimana menjalaninya, bukan gimana seremonialnya. Setuju nggak?

 

Garden Party Serba Sederhana

Foto: Soompi

Agaknya budaya pernikahan sederhana ala Korea benar-benar mereka lakukan, ya. Meskipun punya banyak uang, Song Song Couple dikenal sebagai pasangan yang nggak suka menampilkan kemewahannya. Nggak heran kalau mereka memilih konsep garden party yang sederhana dalam acara pernikahannya. Hal itu bisa dilihat dari taman di Shilla Hotel yang disulap menjadi taman bunga cantik.

 

Song Hye Kyo sendiri tampil cantik dengan makeup natural yang dipadu dengan gaun berwarna putih. Sementara itu, Song Joong Ki tampil gagah (seperti biasanya) dengan jas dan dasi kupu-kupu. Mereka benar-benar menunjukkan kalau sebenarnya, kemewahan bukan hal paling utama untuk mendeskripsikan hari-hari penting.

 

Nggak Dikelilingi Banyak Gosip

Foto: All Kpop

Kamu tentu tahu kalau kabar mengenai Song Joong Ki maupun Song Hye Kyo nggak pernah jauh-jauh dari kesuksesan mereka. Bahkan, selama namanya melejit sejak membintangi DOTS pun mereka nggak pernah diterpa gosip miring. Alasannya, karena mereka selalu tampil apa adanya, dan nggak memerlukan kontroversi buat melambungkan nama mereka.

 

Bahkan ketika kedunya resmi jadian dan menikah, nggak banyak gosip dan spekulasi yang menerpa mereka layaknya selebriti-selebriti Hollywood, atau bahkan Indonesia. Mereka saling mengenal, cinlok, saling cocok, dan pufff, menikah deh. Straight to the point, tanpa banyak drama. Respect deh buat SongSong Couple!

 

 

Editor: Fahri Syadia

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!