Zetizen.com - Sebelum mango thai tea berhasil menarik hati para pecinta kuliner, ada berbagai kuliner ala Thailand lain yang juga jadi primadona di masyarakat Indonesia. Mulai dari hangatnya sop tom yam, Pad Thai, dan tentu saja Thai greentea yang terkenal segar dan creamy. Tapi, ada hubungan spesial apa sih yang bikin kuliner ala Thailand gampang memenangkan hati masyarakat Indonesia?

 

Foto: Organic Facts

Menggunakan Bahan Rempah yang Banyak Ditemui di Indonesia

Kuliner ada Thailand didominasi oleh makanan yang diolah dengan berbagia macam bubu dan juga bahan rempah di Indonesia. Salah satunya seperti jeruk nipis, serai, jahe, hingga pasta ikan. Rempah-rempah itu sering digunakan di Indonesia. Sehingga, masyarakat Indonesia nggak perlu mengubah selera lidahnya ketika akan memenikmati makanan Thailand.

 

 

Foto: Common Use

Sama-sama dari Negara Asia Tenggara

Sebagai negara yang berada di satu rumpun, yaitu negara di Asia, ada banyak kesamaan antara Indonesia dan Thailand. Mulai dari warna kulit yang nggak jauh berbeda hingga selera makanan. FYI, kuliner Thailand dipengaruhi oleh tiga negara di Asia Tenggara, yaitu Myanmar, Vietnam dan Malaysia. Nggak heran kalau Ia mengandalkan rempah-rempah seperti thai, jahe dan daun mint dalam makanannya.

 

 

Foto: CNN

Karakter Kuliner Thailand

Saking nikmatnya menikmati makanan Thailand yang legit, kamu pasti nggak menyadari kalau Thailand punya ciri khas yang nggak bisa kamu temukan di makanan dari daerah lain. Rasa khas itu terletak di kombinasi rasa seperti manis, asam, asin dan pahit. Empat rasa itu bisa kamu temukan lewat campuran tomat, labu dalam makanan, serta susu dan rempah-rempat teh dalam minumannya. Hmm, sedap!

 

 

Foto: Unilever Solutions

Kesamaan Bahan Makanan Pokok

Sama-sama berada di negara Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand punya makanan pokok yang sama. Kalau Indonesia identik dengan nasi, Thailand erat dengan mie dan nasi sebagai makan utama. Hal itulah yang bikin makanan Thailand digemari Indonesia, karena menggunakan bahan-bahan yang lekat dengan keseharian masyarakat. Misalnya, pad Thai.

 

 

Foto: Iam Sinyee

Inovasi Rasa yang Berhasil

Setelah bahan dasarnya yang saling cocok, Thailand juga rajin memberikan inovasi rasa dan branding yang sukses. Ini terbukti pada produk-produk minuman Thai greentea dan mango tea. Thai greentea punya rasa yang unik karena teh-nya dipadukan dengan susu, gula, tamarind, pewarna kuning yang bikin minuman itu makin creamy dan tasty. Berkat inovasi-inovasi itu lah, teh greentea khas Thailand bisa sukses nggak cuma di Indonesia aja, bahkan seluruh Asia Tenggara loh!

 

Editor: Fahri Syadia

Share
Create Your Own Article!