Are You a Zetizen?
Show Menu

Menyeret Ratu Elizabeth II sampai Prabowo Subianto, Apa Itu Paradise Papers?

Rafika Yahya Rafika Yahya 07 Nov 2017
Menyeret Ratu Elizabeth II sampai Prabowo Subianto, Apa Itu Paradise Papers?
Foto: Pulitzer Center

 

Zetizen.com - Setelah Panama Papers tahun lalu, sekarang giliran paradise papers yang menghebohkan dunia. Sebab, hal ini mengungkap lebih dari 13,4 juta dokumen rahasia yang dimiliki pemilik perusahaan internasional. Investigasi itu dilakukan oleh International Consortium of Investigative Journalist (ICIJ). Kenapa paradise papers penting banget disimak?

Awal Mula Paradise Papers

Kasus ini berawal dari perusahaan Appleby yang menyediakan jasa bagi perusahaan internasional untuk mengurangi tagihan pajak secara legal hingga 100 persen. Analoginya, kamu punya uang banyak, tapi supermarket melarangmu beli barang dalam jumlah banyak sekaligus. Akhirnya, kamu minta orang lain menggantikanmu buat membelinya. Nah, "orang lain" itu adalah Appleby.

Berbahaya? Jelas dong. Sebab, pihak ini menutupi sistem keuangan yang seharusnya transparan. Buktinya, perusahaan-perusahaan maupun public figure yang terjerat kasus ini terbukti hengkang dari kewajiban membayar pajak.

Apa Bedanya dengan Panama Papers?

Pernah dengar kasus Panama Papers kan? Dokumen rahasia yang bocor April 2016 ini juga berhasil menguak nama-nama yang meloloskan diri dari kewajiban wajib pajak. Salah satu nama dari Indonesia yang menyita perhatian publik adalah Sandiaga Uno, wakil gubernur DKI Jakarta saat ini. Dibandingkan Panama Papers, paradise papers mengungkap nama-nama orang yang jauh lebih berkuasa.

Misalnya, dibandingkan makan bakso pinggir jalan, tentu kita harus bayar lebih untuk bakso di resto. Nah, ibarat bakso pinggir jalan, Panama Papers cuma mengungkap kaki tangan para aktor yang berkuasa. Sementara paradise papers membicarakan orang-orang yang berperan jauh di atas mereka.

Tokoh Internasional yang Terjerat

Nama paling menghebohkan yang diketahui berperan besar dalam paradise papers adalah Ratu Elizabeth II. Yap, pimpinan Inggris ini ditengarai punya USD 13 juta dana pribadi yang diinvestasikan ke luar negeri untuk Pulau Cayman. Tapi, hal ini dibantah dengan alibi salah satu sistem dalam keuangan luar negeri yang mengatakan bahwa Ratu nggak bersalah karena tindakannya masih dinilai legal.

Selain itu, kabar mencengangkan adalah keterlibatan Bono, vokalis U2, hingga Madonna. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pun digosipkan ikut terjerat atas kasus penggalangan dana.

Tokoh Nasional yang juga Tercantum

Kamu tentu kenal sosok Prabowo Subianto. Nama mantan calon presiden yang bergabung dalam pemilu 2014 itu secara mengejutkan muncul dalam Paradise Papers. Tapi, sampai saat ini belum jelas apa yang menyebabkan namanya tercantum. Di sisi lain, nama Tommy Soeharto serta Mamiek Soeharto juga tercantum. Tapi, hingga berita ini ditulis, pihak yang bersangkutan belum memberikan klarifikasi.

RELATED ARTICLES

Please read the following article