Are You a Zetizen?
Show Menu

Bisa Begitu Hebat, Ternyata Ini Hobi Para Pahlawan Indonesia

Salsha Permata Salsha Permata 10 Nov 2017
Bisa Begitu Hebat, Ternyata Ini Hobi Para Pahlawan Indonesia

Zetizen.com - Selamat hari pahlawan! Seperti yang kita tahu, Indonesia punya banyak pahlawan hebat. Tapi, tahu nggak sih sisi lain dan kebiasaan-kebiasaan para pahlawan yang bikin mereka bisa sehebat itu? Yuk, coba kita tiru!

 

Bung Tomo - Menulis

Foto: HD Wallpaper Buzz

Sutomo atau yang lebih sering kita tahu dengan sebutan "Bung Tomo" yang memimpin pertempuran di Surabaya. Beliau terkenal dengan keberaniannya dan keinginan yang besar untuk mengubah keadaan bangsa Indonesia. Tahu nggak sih, bung tomo mempunyai Hobi yaitu menulis. Dari kegemarannya ini, beliau menjadi jurnalis yang terkenal dan mendirikan "Berita Indonesia" di Jalan Tunjungan, Surabaya.

Kamu bisa banget meniru kebiasaan bung tomo yang satu ini, lho! Dengan membuat blog yang berisikan tulisan kalian sendiri sebagai ajang latihan untuk berpendapat dan mengartikulasikan kata-kata.

 

Amir Hamzah - Membuat Puisi

Foto: Profil Bos

Para pecinta puisi pasti kenal, deh sama tokoh yang satu ini. Yap, Amir Hamzah adalah penyair Indonesia yang mendirikan majalah sastra bernama "Poedjangga Baroe" tahun 1933. Puisi-puisi beliau banyak bertemakan tentang cinta dan agama, serta melibatkan konflik-konflik yang mendalam.

Untuk kalian yang mempunyai Hobi seperti Amir Hamzah, jangan malu-malu untuk mem-publish karya kalian ke media, atau minimal medsos deh. Sekarang sudah banyak kok komunitas bagi para pemuda yang tertarik di dunia tulis-menulis puisi. Jangan lupa buat stay original juga ya!

 

Soekarno - Menonton Film

Foto: Twitter

Siapa sangka presiden pertama RI kita ini mempunyai Hobi yang unik, yaitu nonton film. Dan karena semasa mudanya menonton Film itu hal yang mahal, soekarno menontonnya dari balik layar, loh! Padahal, pada masa itu semua Film tidak bersuara. Sehingga, beliau harus membaca teks Bahasa Belanda dari kanan ke kiri! 

Kalau udah senang, apapun diperjuangkan, bukan? Apalagi, Film emang punya banyak manfaat pula. Mulai dari sumber informasi, meningkatkan daya imajinasi, dan belajar tentang pesan moral yang tersirat di dalam Film tersebut. Semakin sering menonton film, kalian juga terlatih untuk melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda.

 

Pangeran diponegoro - Main Catur

Foto: Historia

Pangeran diponegoro dikenal sebagai pahlawan yang berniat mengusir Belanda dari tanah Jawa Tengah. Beliau nggak terkalahkan sampai akhirnya dijebak secara "kotor". Maka dari itu, strategi perang yang direncakan diponegoro emang nggak perlu diragukan lagi kehebatannya.

Tapi perlu kamu tahu, strategi-strategi perang itu mungkin juga dipelajari dari hobinya, yaitu bermain catur! Berdasarkan catatan-catatan sejarah, Pangeran diponegoro juga dikenal sebagai pecatur yang hebat loh. Toh, bermain catur memang banyak manfaatnya. Misal melatih otak, fokus, dan kesabaran.

 

Ainun Habibie - Olahraga

Foto: Blogspot

Beliau memang bukanlah pahlawan yang melawan para penjajah di medan perang. Namun, Bu Ainun menyandang beberapa gelar bintang Mahaputra, yaitu gelar tertinggi dari pemerintah kepada warga yang dipandang memiliki kontribusi besar untuk negara. Maka dari itu, beliau dikebumikan di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan.

Istri dari presiden ke-3 RI ini mempunyai Hobi yang menyehatkan, yaitu olahraga dan jogging. Ketika berada di Jerman bersama Pak Habibie, beliau selalu melekukan kegiatan ini. Kamu bisa banget meniru kebiasaan Bu Ainun dan gabung di komunitas jogging yang ada di kota-kota kamu. Karena manfaat jogging ini banyak banget, selain menyehatkan juga dapat menghilangkan stres. Apalagi kalau jogging nya bareng doi, tambah semangat kan?

 

Dewi Sartika - Mengajar

Foto: Biografiku

Nggak cuma Kartini, dewi sartika juga seorang tokoh yang berperan banyak dalam memperjuangkan pendidikan buat perempuan. Tapi ternyata, mengajar emang jadi passion-nya sejak kecil. Jika bermain peran bersama teman-temannya, beliau lebih sering bermain peran sebagai guru, lho!

Berangkat dari situ, dewi sartika pun menjadi pioner pendidikan untuk para wanita pada masanya. Bagi kalian yang mempunyai Hobi seriupa, kalian bisa banget gabung di dalam komunitas mengajar, atau jadi volunteer buat mengajar anak-anak jalanan.

 

Editor: Fahri Syadia

RELATED ARTICLES

Please read the following article