Zetizen.com - Mengusung tema Breakthrough, UBS Zetizen-Con 2k17 banyak menghadirkan hal-hal baru. Salah satunya adalah supporting event UBS Zetizen Teenygraphs On-the-Spot. Waktu mengerjakan selama sepuluh jam nggak menjadi halangan untuk membuat karya yang keren.

Nggak cuma informatif, karya para peserta juga harus eye catching serta interaktif. Buat kamu yang mau datang ke venue, inilah beberapa karya yang mengusung permainan sebagai media interaksi. Ada hadiahnya juga lho. Yuk, dicoba!

Mobil Remote Control

Metamorproses - SMA Shafta Surabaya

Waktu datang ke venue pertama kali, coba tengok karya ini. Bagi tim Teenygraph dari SMA Shafta Surabaya ini, Breakthrough itu seperti labirin yang berkelok-kelok dengan banyak bilik. Kita harus berjuang untuk mencari jalan yang tepat agar sampai tujuan.

Filosofi itu pun dikemas dengan lintasan mobil remote control yang menyerupai labirin. Pengunjung diajak berinteraksi dengan memainkan remote control ini.

Eits, game ini nggak diperuntukkan buat kamu yang datang sendirian ya he he. Sebab, syarat mainnya harus berdua. Pemain pertama bertugas memberi arah jalan dan pemain kedua sebagai pengemudi dengan mata tertutup. Ada tirai pada lintasan yang harus dilewati.

Tapi sebelumnya, mobil harus berhenti dan menjawab pertanyaan. Kalau berhasil menjawab semua pertanyaan dan melewati tirai sampai garis finish, maka pemain akan mendapat hadiah menarik! Asyik banget kan?

SMA Shafta Surabaya

Lempar PingPong

KORNET (Koran & Internet) - SMA Sunan Giri Menganti Gresik

Bentuk karya tim ini eye catching banget dengan lampu kelap-kelip dan konten tentang cara memerangi hoax  di media. Menurut mereka (para anggota tim, Red), sekarang sangat sulit membedakan berita hoax dan berita asli, apalagi berita di internet. Kids zaman now harus baca nih! Oh ya, nggak cuma bentuk dan konten yang menarik, game yang disuguhkan juga asyik.

Botol-botol bekas air mineral yang sudah dipotong menyerupai gelas dibedakan menjadi tiga jenis. Ada warna pink (bertuliskan fakta), biru (bertuliskan hoax), dan bening (bertuliskan zonk). Cara mainnya, pemain harus melempar dan memasukkan bola pingpong dari jarak yang sudah ditentukan. Bola harus masuk ke dalam botol biru supaya dapat hadiah. Kalau bola masuk ke botol pink, kalian bakal dihukum! Tenang, satu orang punya tiga kali kesempatan melempar bola kok.

SMA Sunan Giri Menganti Gresik

Pinball

Break The Drugz - SMAN 14 Surabaya

Kalau Teenygraph yang satu ini berbentuk seperti permainan pinball. Udah tahu dong cara mainnya? Yap, pemain diberi waktu satu menit untuk memantulkan dan mejaga bola agar nggak jatuh. Nggak cuma itu, pemain juga harus breakthrough rintangan-rintangan yang ada pada game ini. Rintangannya berupa area yang bertuliskan jenis-jenis narkoba. Nah, bola nggak boleh melewati area tersebut.

Kita bisa mengontrol permainan dengan cara menggerakkan tombol di sebelah kanan dan bawah area permainan pinball ini. Kalau berhasil meewati rintangan, pemain akan mendapat reward. FYI, filosofi dari permainan ini dalam banget lho. Menurut mereka, bola berwarna putih pada permainan ini bagaikan tubuh manusia. Jadi, bagaimana pun caranya, kita harus mempertahankan tubuh agar tetap bersih dari narkoba. 

SMAN 14 Surabaya

Puzzle

E-Lite - SMAN 1 Boyolangu Tulungagung

Mengusung konsep Literasi Elektronik, SMAN 1 Boyolangu, Tulungagung, ingin mengajak anak muda membudayakan membaca. Oleh karena itu, mereka punya e-lite dimana literasinya dibuat dalam bentuk website. Uniknya, Teenygraph ini dibentuk seperti rak buku yang bisa dibuka. Di dalamnya ada rangkaian ide e-lite yang tervisualisasi melalui video. Nggak cuma itu, di bawah rak tersebut ada laci berisi kertas untuk menuliskan kritik dan saran. Kalau laci dibuka, lampu pada rak yang semula berwana biru akan berubah menjadi putih.

Mereka juga punya game untuk pengunjung lho. Game-nya berupa puzzle. Cari mainnya simple banget. Pemain akan diberi gulungan-gulungan kertas berisi clue untuk menebak gambar yang harus disusun pada puzzle. Simple sih, tapi mereka sudah menyiapkan banyak hadiah lho. Serbu!

SMAN 1 Boyolangu Tulungagung

Kawat Listrik

Green Generation - SMPN 50 Surabaya

Maskot minion pada karya SMPN 50 Surabaya ini untuk menarik pengunjung anak-anak. Konsep tersebut terinspirasi dari kegiatan LDKS di sekolah. Menurut mereka, Breakthrough itu "menguburkan yang hidup dan menghidupkan yang mati". Maksudnya, mereka ingin mengubur kebiasaan buruk anak muda yang suka mencemari lingkungan dan menghidupkan kembali kesadaran menjaga lingkungan.

Mereka juga punya game yang nggak kalah seru lho. Pemain harus menggerakkan alat untuk melintasi kawat dan nggak boleh menyentuh kawat itu. Sebab, kalau menyentuh kawat, kalian akan dibuat kaget oleh bunyi alarm. Kalau berhasil sampai finish, reward menarik sudah menanti. Biarpun game-nya klasik, tapi tetep seru kok! Coba deh main ramai-ramai dan catat waktunya.

SMPN 50 Surabaya

Spinning Wheel

Antara Galaksi Atau Kota - SMPN 20 Surabaya

Karya ini paling imajinatif! Sebab, mereka berandai-andai tentang kota di planet lain. Kalau ada, mereka mau pindah ke sana karena bumi sudah padat dan banyak polusi. Melalui karya ini, tim UBS Zetizen Teenygraph On-the-Spot SMPN 20 Surabaya juga membuat spinning wheel yang berisi macam-macam hadiah yang bisa kalian dapatkan kalau berkunjung ke karya mereka. Mereka juga menjanjikan surprise hadiah yang lebih menarik lagi di dua hari terakhir UBS Zetizen-Con 2k17. Dateng yuk!

SMPN 20 Surabaya

Well, banyak banget kan hadiahnya? Nah, buat kamu yang masih bingung mau ngapain di venue UBS Zetizen-Con 2k17, datang aja ke karya-karya Teenygraphs di atas!

Share
Create Your Own Article!