Zetizen.com - Masih ingat dengan film Chappie (2015)? Nampaknya robot humanoid seperti dalam film-film semakin mungkin diwujudkan. Boston Dynamics milik Google mengumumkan pengembangan robot humanoid Atlas terbarunya pada 23 Februari 2016. Mirip dengan penampakan robot Chappie dalam film, Atlas juga mampu bergerak dengan luwes. Hampir seperti manusia.

Lewat video yang diunggah di Youtube, demo kecanggihan Atlas ditunjukkan. Ia menjadi lebih kecil dengan tinggi 1,8 meter, ringan yakni 82 kg, dan gesit dibandingkan versi sebelumnya. Selain dilengkapi dengan hidrolik sebagai sumber listriknya, Atlas juga punya sensor di kepala dan lengan. Sensor itu membantu atlas agar tetap seimbang dan menghindari rintangan.

Dalam tahap pengujian, Atlas menunjukkan kemampuan yang mengejutkan. Robot itu dapat berjalan di atas lapisan es, mengangkat dan memindahkan barang-barang. Kerennya, ia juga mampu berdiri kembali setelah jatuh tersungkur. Para ilmuwan harus “bullying” Atlas secara fisik untuk menguji mobilitas robot tersebut.

“Tujuan jangka panjang kami adalah membuat robot yang memiliki mobilitas, persepsi dan kecerdasan yang sebanding denga manusia dan hewan, atau mungkin melebihi mereka. Robot ini masih melangkan ke jalan tersebut," tandas CEO Boston Dynamics Marc Raibert kepada IEEE Spectrum. (ndy/sam)

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!