Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Alasan Kenapa Wajib Ikut Google Science Fair 2016

Zetizen Zetizen 31 Mar 2016
4 Alasan Kenapa Wajib Ikut Google Science Fair 2016

Zetizen.com - Ada kompetisi seru nih dari Google! google kembali mengajak anak muda dari seluruh penjuru dunia untuk berkompetisi menuangkan ide kreatif, riset, atau proyek inspiratif lewat google science fair 2016. Diperuntukkan bagi usia 13-18 tahun, generasi Z sayang banget kalau melewatkan kompetisi satu ini!

Google science fair tahun lalu. Foto: USA Today

 

1. Kompetisi science Online Terbesar di Seluruh Dunia

Exactly. Makanya nggak heran kalau google science fair prestisius banget. Di sini, seluruh peserta diadu untuk membuat proyek di bidang sains dan teknologi yang bisa ngasih impact buat masyarakat. Mengusung tema “Everything’s Better with Science”, kompetisi tahun ini dibuka sejak 24 Februari lalu. Bagi kalian yang tertarik, buruan klik www.googlesciencefair.com. Registrasi dibuka hingga tanggal 17 Mei 2016. 

 

2. Menyaring Ribuan Pendaftar Menjadi 16 Finalis

Dari semua pendaftar yang masuk, nantinya disaring 1000 pelajar untuk jadi finalis regional. Kemudian disaring lagi jadi 16 finalis global yang akan diterbangkan ke kantor pusat google di Mountain View, California, Amerika Serikat untuk memasuki tahap final. So, kita bisa mendapat kesempatan emas berkunjung ke kantor pusat Google. Cool!

 

3. Diikuti Ribuan Pelajar Dari Berbagai Negara

Tahun lalu kompetisi ini menerima ribuan pendaftaran dari 90 negara. India, Amerika, Brazil, Turki, dan Inggris menjadi 5 negara dengan jumlah pendaftar terbanyak. Tuh kelihatan kan siapa yang minatnya pada science dan teknologi paling tinggi.

 

4. Bakal Ada Banyak Hadiah Fantastis

Kalau ikut kompetisi ini dijamin nggak bakal rugi. Soalnya, hadiah dari google bakal worth it sama perjuangan kalian. Here are the prizes:

  • Pemenang Grand Prize google science fair 2016 mendapatkan beasiswa sebesar USD $50,000 dari Google. Jumlah itu senilai hampir 663 juta rupiah. Banyak kan!
  • Pemenang kategori “The Scientific American Innovator award” akan diberi hadiah USD $15,000 atau sekitar 199 juta rupiah. Selain itu pemenang bakal mendapat mentorship selama se Kerennya, pemenang bakal dibawa berlayar dengan cruise lintas benua. Hadiah ini ditujukan untuk membantu pemenang mengembangkan proyek dan pendidikannya.
  • Hadiah pemenang kategori “The LEGO Education Builder award" berupa kesempatan mengunjungi kantor pusat The LEGO Group di Billund, Denmark. Pemenang juga bakal menerima set LEGO MINDSTORMS Education EV3 untuk kelas mereka, lengkap dengan panduan kurikulum plus beasiswa sebesar USD $15,000 atau sekitar 199 juta rupiah.
  • Hadiah pemenang kategori “The National Geographic Explorer award” berupa kesempatan menjelajah selama 10 hari dalam acara National Geographic Expedition ke Galapagos Archipelago. Pemenang juga akan menerima beasiswa sebesar USD $15,000 atau sekitar 199 juta rupiah dan kesempatan belajar dari mentor dari National Geographic.
  • Hadiah pemenang kategori “The Virgin Galactic Pioneer award” berupa tur Virgin Galactic, Mojave Air and Spaceport di Mojave, California, bertemu para teknisi dari Virgin Galactic. Pemenang juga akan menerima beasiswa sebesar USD $15,000 atau sekitar 199 juta rupiah dan kesempatan untuk belajar dari mentor dari Virgin Galactic.
  • Pemenang kategori “The Inspiring Educator award akan menerima hadiah sebesar USD $5,000 untuk pengembangan ruang kelas, serta gift card untuk membeli produk edukatif dari LEGO Education sebesar USD $5,000 atau sekitar 66 juta rupiah.

Nah, nggak heran kan kalau kompetisi ini dinanti-nantikan banyak pelajar di seluruh dunia. So, tunggu apa lagi? Buat kalian pelajar dari Indonesia buruan daftar! Jangan mau kalah sama peserta dari negara lain. Tunjukin kalau kita nggak kalah jago. Ganbatene! (googlesciencefair/dhs/sam)

RELATED ARTICLES

Please read the following article