Are You a Zetizen?
Show Menu

Serupa tapi Tak Sama, Ini nih Deretan Superhero Kembar dari DC dan Marvel

Serupa tapi Tak Sama, Ini nih Deretan Superhero Kembar dari DC dan Marvel

Zetizen.com - Udah nonton Justice League? Nah, film ini sendiri menceritakan persatuan para superhero yaitu Batman, superman , Aquaman, Flash, dan Wonder Woman memberantas kejahatan yang mengancam Bumi. Ternyata, superhero-superhero itu punya 'kembaran' loh dari brand saingannya, Marvel. Yap, deretan tokoh ini mirip banget! 

 

Dark Knight dan Moon Knight

Foto: Darren Wings

Sama sama ksatria, namun berbeda 'warna'. Yap, dari DC bernama The Dark Knight atau kita kenal dengan nama Batman, dan dari marvel bernama Moon Knight. batman sendiri pertama kali dimunculkan oleh DC pada tahun 1939 di Detective Comics #27. Nah kalo Moon Knight, pertama kali dimunculkan oleh marvel pada tahun 1975 di komik Werewolf by Night. 

So far, emang batman jauh lebih populer karena banyak diangkat jadi film. Kalau Moon Knight juga begitu, mana yang bakal lebih beken ya?

 

Superman, Gladiator, dan Hyperion

Foto: Darren Wings

Sama sama bisa terbang, berjubah, dan tentunya kuat. Tapi ada bedanya nih, yaitu tahun produksi. Dari DC, tentu sudah familiar yaitu Superman, yang pertama kali dimunculkan melalui Action Comics #1 pada tahun 1938. Sedangkan 'kembarannya', yaitu Gladiator dan Hyperion, diciptakan oleh marvel dan dimunculkan pertama kali pada tahun 1969 untuk Hyperion dan muncul di The Avengers #69. Lalu Gladiator pada tahun 1977 dan muncul di Uncanny X-Men #107.

Nah katanya nih, nama lain Gladiator yaitu "Kallark" merupakan kombinasi dari nama superman di planet Krypton yaitu "Kal-El" dan nama superman di bumi yaitu "Clark Kent". Wah, plagiat?

 

Flash dan Quicksilver

Foto: Darren Wings

Flash dan Quicksilver sama-sama muncul di film utama baik DC dan Marvel, yakni Justice League dan The Avengers. Kedua tokoh superhero ini juga punya kemampuan yang sama, yakni berlari cepat. Flash, pertama kali di munculkan oleh DC pada tahun 1940 di Flash Comics #1. Nah uniknya, The flash ini tidak hanya satu superhero, melainkan empat sekaligus yang 'menyandang' nama The Flash. Namun yang muncul di Justice League hanyalah salah satunya yang bernama Barry Allen.

Nah kalo Quicksilver (Pietro Maximoff), muncul pertama kali pada tahun 1964 di X-Men #4. Quicksilver sendiri merupakan saudara dari Scarlet Witch, dan mereka berdua mereka adalah anak dari Magneto. Bahaya nih kalo flash dan Quicksilver ikut 10 K Run. Diambil semua tuh hadiahnya!

 

Aquaman dan Namor

Foto: Darren Wings

Ini dia dua penguasa lautan. Namor, superhero dari marvel ini pertama kali muncul pada tahun 1939 di Marvel Comics #1. Namor sendiri merupakan 'anak mutant' dari kapten laut dan juga putri kerajaan mitologi, Atlantis. kalo Aquaman, pertama kali muncul pada tahun 1941 di More Fun Comics #73. aquaman sendiri memiliki kemampuan berupa bernafas dalam air, dan juga dapat 'berbicara' dengan ikan. Lumayan nih diajak mancing!

 

Wonder Woman dan Sif

Foto: Joblo

Wonder Woman versi DC memiliki nama asli Diana, seorang putri dari Suku Amazon. Kemampuan bertarung dan kecerdasannyanya nggak perlu diragukan lagi. Kita sendiri pun bisa melihatnya dalam film Wonder Woman (2017) yang sukses besar, maupun Justice League yang saat ini sedang tayang. 

Namun, jika kita membicarakan superhero wanita, tentu marvel juga memilikinya. Dia adalah Sif. Sif adalah warga Asgardian, dan juga kekasih dari Thor. Dan Sif juga sering lho mengikuti Thor dalam pertempuran. Strong juga ya!

 

Editor: Fahri Syadia

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article