Zetizen.com - Nyesek nggak sih udah hampir di penghujun tahun, tapi kamu belum sempet liburan kemana-mana? Apalagi ditambah dengan melihat foto teman-temanmu yang lagi holiday di luar negeri. Tentu kamu bakal berpikir berapa banyak uang yang bakal dihabiskan kalau kel luar negeri. nah, daripada kamu cuman bengon dan bermimpi, yuk ikuti tips ini biar cepet ke Luar Negeri!

Bikin Itenerary Sesuai Budget

 

foto: Lovewildlifefoundation

Salah satu hal yang sering terlewatkan saat akan berlibut yaitu membuat itinerary atau rencana perjalanan. Padahal, Itenerary sangat berdampak pada pengeluaranmu kelak di luar negeri. Jadi, jangan gampang tergoda dengan destinasi yang lagi hits aja. Ada baiknya kamu cari tahu dulu seputar tempat-tempat yang ingin dikunjungi biar liburanmu lebih efisien dan ekonomis tapi tetap berkesan. Buatlah rencana perjalanan yang pas dengan budget-mu, mulai dari mau main kemana aja sampai waktunya juga harus dipikirin matang-matang ya!

Siapkan Paspor dan Visa Dari Jauh Hari

 

foto: cloudfront

Ke luar negeri nggak sama seperti liburan ke Bali atau Jogja, ingat juga kalau kamu perlu paspor dan visa. Dua hal ini penting banget untuk kamu urus dan jangan sampai kelupaan. Sebab, keduanya merupakan syarat wajib sebelum ke luar negeri. Hal yang wajib kamu perhatikan dalam membuat visa dan pasport adalah waktunya. Sebab, pembuatannya nggak sebentar loh bahkan bisa berminggu-minggu. Well, lebih baik kamu prepare segala persyaratan dari sekarang ya. Jadi, meskipun kamu nggak jadi keluar negeri, kamu sudah siap visa dan pasport untuk trip selanjutnya.

Rajin Cari Promo Tiket

foto: his-travel

Salah satu kunci liburan low budget adalah tiket pesawat! Agar kamu bisa mendapatkan tiket murah, kamu bisa memesannya berbulan-bulan sebelum keberangkatan. Selain itu, promo tiket pesawat yang diberikan oleh jasa penyedia tiket tentu akan sangat membantu. Apalagi kalau dilengkapi dengan promo penginapannya sekaligus. Pasti kamu bakal untung banyak deh!

Ajak Teman Biar Lebih Hemat

 

foto:sweetwateratbuckingham

Trik yang satu ini juga bisa lho kamu coba. Nggak mungkin dong liburan sendirian? Kalo sama keluarga sih udah biasa, coba deh sekali-kali kamu liburan ke luar negeri bareng teman-temanmu. Pasti seru banget! Selain biar kamu nggak sendirian kalo nyasar, biaya makan dan penginapan juga bisa kamu bagi dua dengan teman. Jadi bisa lebih irit budget deh. Sebenarnya ngajak teman juga biar ada yang fotoin sih Hehe.

Cari Uang Jajan Tambahan

foto: ilovehongkong

Hal yang bisa kamu lakuin selain nabung adalah bikin usaha jastip atau jasa titip selama kamu liburan. Usaha jastip ini lagi ngetren di kalangan anak muda dikarenakan buyer nggak perlu keluar negeri untuk membeli barang. Apalagi liburanmu ke luar negeri, pasti banyak deh yang tertarik buat titip barang ini itu ke kamu. Nah, keuntungannya bisa kamu pake buat tambahan ongkos makan atau malah bisa beli oleh-oleh buat orang-orang di rumah. So, repot sedikit nggak masalah dong?

 

 

Share
Create Your Own Article!