Zetizen.com - Meski panik karena keterbatasan waktu, kreatifitas peserta UBS Teenygraphs On-the-Spot 2k17 emang nggak ada habisnya. Buktinya, dalam waktu sepuluh jam mereka bisa membuat inovasi baru yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Yuk, simak seperti apa karya yang dibuat 10 tim peraih medali silver dan bronze!

BEST FIVE SILVER

Ingatkan Soal Kecanduan Gadget

SMA Al-Falah Ketintang – Gadget Addiction

Zaman sekarang anak muda nggak bisa lepas dari gadget. Bahkan, bisa dibilang kecanduan main game atau media sosial. Oleh karena itulah tim ini memvisualisasikan karyanya dalam bentuk smartphone dengan berbagai aplikasi. Mulai dari game Dota, Facebook, sampai Instagram yang bisa dibuka seperti laci.

Pada masing-masing aplikasi terdapat artikel tentag dampak positif dan negatif penggunaan gadget. Ada juga sejarah handphone serta cara mengatasi kecanduan main gadget. Oh ya, tim ini juga membeberkan fakta tentang berapa lama seseorang memakai aplikasi dalam sehari yang divisualisasikan dalam bentuk jam dinding.

Ice Breaking Bikin Belajar Fun

SMA Petra 5 Surabaya – Z(ea)land

Teenygrahps ini menjelaskan bahwa siswa perlu ice breaking di tengah jenuhnya pelajaran. Berbentuk gunung yang diibaratkan sebagai siswa, pompa sebagai pelajaran, dan termometer sebagai tingkat kejenuhan siswa, mereka menjelaskan bahwa semakin pompa ditekan, termometer semakin naik. Oleh karena itu, siswa perlu ice breaking berupa bernyanyi, menonton, sampai bermain. Tim ini juga mewawancarai siswa dan guru yang memberikan testimoni soal ice breaking yang membantu mereka menerima pelajaran lebih baik.

Ajari Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

SMA Petra 2 Surabaya – O’clock

Mengumpulkan tugas jadi salah satu masalah di sekolah tim ini. Mulai dari terlambat mengumpulkan sampai tugas yang hilang setelah dikumpulkan! That's why mereka berinovasi membuat mailbox yang didesain sesuai deadline tugas. So, kalau telat mengumpulkan, malibox ini nggak akan bisa menerima tugasmu. Di samping mailbox, mereka juga membeberkan fakta berupa kendala saat mengerjakan tugas dan durasi yang dibutuhkan. Setelah kita tahu fungsi mailbox ini, kita diajak menyusun puzzle.

Manfaatkan Air Wudhu

SMAN 10 Surabaya – WTF (Water for The Future)

Krisis air menjadi concern tim ini. Oleh karena itu, mereka membuat terobosan dengan memanfaatkan air bekas wudhu yang menurut mereka nggak terlalu kotor untuk diolah menjadi air bersih lagi. Menghemat air dengan cara sederhana dengan alat yang sederhana ini diharapkan bisa dicontoh pengunjung. Untuk menyadarkan tentang krisis air, tim ini memberikan gambaran peristiwa kekeringan di berbagai daerah di Indonesia. Asyiknya, Teenygraphs ini benar-benar menvisualisasikan penyaringan air yang mereka buat sendiri dari susunan batu ziloid, arang, dan dacron.

Kejutan Kepribadian Manusia

SMA Petra 1 Surabaya - Which One Are You

Pengunjung selalu dibuat penasaran dengan Teenygrpahs ini karena bentuknya surprise box. Filosofinya adalah kejutan di dalam box sama seperti kepribadian manusia yang mengejutkan dibandingkan penampilan luar. Begitu tutup box dibuka, ada dua sisi yang bisa kita lihat. Sisi pertama berisi penjelasan macam-macam kepribadian manusia. Sedangkan sisi lain berupa miniatur yang menggambarkan program sekolah mereka tentang drama. Menurut mereka, drama itu menggabungkan berbagai siswa dengan kepribadian berbeda, tapi bisa saling membantu dan menampilkan karya luar biasa.

BEST FIVE BRONZE

Pesan Makan Lewat Kantin Delivery

SMAN 21 Surabaya – Kantin Delivery

Malas makan di kantin karena antre dan terlalu ramai? Tenang, tim ini punya terobosan untuk bikin kantin delivery di sekolahnya. Kereta-keretaan di Teenygraphs ini mengambarkan makanan yang sedang diantar ke kelas-kelas. Menurut mereka, kantin delivery mempermudah siswa sekolah yang kantinnya sempit sehingga kesulitan makan. Teknis dari kantin delivery bisa kita temukan di dinding Teenygraphs ini. Selain itu, mereka juga menjelaskan definisi kantin dan memberikan beberapa polling tentang didukungnya program ini oleh siswa sekolahnya.

Bawa Ludruk Naik Level

SMAN 17 Surabaya – Ciluk (Cinema Ludruk)

Punya visi melestarikan tradisi Indonesia di sekolah, tim ini akhirnya terinspirasi untuk melestarikan Ludruk dengan cara modern. Cinema Ludruk dibuat dengan jalan cerita yang relatable dengan kehidupan anak muda zaman sekarang. Di salah satu artikel berjudul Pertunjukan Ludruk Jaman Now, mereka ingin menjadikan ludruk naik level dengan cahaya panggung yang modern dan kostum anti kuno. Dari ide ini, mereka ingin merealisasikan Cinema Ludruk di ruangan kosong sekolah untuk bisa dinikmati siswa Smantass.

Kasih Tahu Cara Identifikasi Hoax

SMA Sunan Giri Menganti Gresik – Kor-Net (Koran Internet)

Saat ini semua orang bisa membuat berita tanpa jadi reporter media. Hanya butuh internet saja. Nah, fakta itulah yang mendasari tim ini untuk memperkenalkan media informasi kepada pengunjung. Uniknya, Teenygraphs ini bisa diputar dan menampilkan artikel berbeda-beda. Mulai dari cara jadi reporter yang baik sampai cara mendeteksi hoax. Untuk memerangi hoax, mereka juga mengusung game Sampah Hoax. Pengunjung diberi bola yang diibaratkan sebagai berita hoax. Bola itu harus dimasukan ke botol yang diibaratkan sebagai tong sampah yang bertuliskan hoax di antara botol-botol bertuliskan fakta. Pengunjung yang bisa memasukan bola ke dalam botol hoax akan mendapatkan hadiah. Yay!

Program Sekolah Perangi Rokok

SMAN 5 Surabaya – Pengabdi Rokok

Teenygraphs ini menjelaskan perkembangan rokok hingga vapor lewat artikel berjudul Renewal of Smoking Style. Meski begitu, tim ini ingin menunjukan bahayanya. Berbentuk makam Belanda, tim ini ingin memberikan gambaran bahwa perokok akan lebih cepat mati. Di atasnya ada permainan labirin yang mengibaratkan perokok masuk ke dalam makam jika kecanduan. Thats why, tim ini punya terobosan program sekolah untuk mencegah perokok dengan mengadakan talkshow bersama pengidap kanker karena rokok dan juga lomba mural serta video.

Hedon yang Bermanfaat

SMA Ta’miriyah Surabaya – Investur Style

Hedon yang selama ini ada dibenak masyarakat adalah sesuatu yang negatif. Eits, tim ini mengubah stigma itu menjadi hal positif, yaitu menyisihkan uang untuk mendapat manfaatnya. Di salah satu artikel berjudul Branded, mereka menjelaskan anak muda yang hedon membeli barang branded juga bisa untung dengan menginvestasikan barang tersebut. Adanya timbangan dalam Teenygraphs ini punya filosofi kalau investasi barang branded nggak kalah menguntungkan. Mereka bahkan membuat rincian harga barang branded kalau berhasil diinvestasikan lho!

Baca ulasan UBS Zetizen Teenygraphs On-the-Spot Best Gold di koran hari ini ya!

Share
Create Your Own Article!