Are You a Zetizen?
Show Menu

Qlue-Jek, Layanan Pesan Antar Berbasis Drone Karya Anak Bangsa

Zetizen Zetizen 01 Apr 2016
Qlue-Jek, Layanan Pesan Antar Berbasis Drone Karya Anak Bangsa

Zetizen.com – Ribut ribut soal angkutan online yang kemarin sempat heboh di ibukota nggak menghalangi qlue-jek sebagai karya anak bangsa buat diluncurkan. Uniknya, meski punya embel embel ‘Jek’, layanan yang satu ini dijamin anti mainstream. Sebab, qlue-jek merupakan layanan jasa pengiriman berbasis online yang menggunakan drone sebagai alat transportasinya. Yap, ide kreatif ini merupakan karya dari qlue yang dikenal dengan aplikasi solusi smart city karya mereka.

Punya tujuan buat mengurangi kendala pengiriman barang yang tersendat, qlue-jek bisa mengurangi waktu pengiriman dengan lebih efektif karena nggak terganggu macet. “Qlue-Jek adalah sebuah solusi terbaru dari qlue dengan konsep pembelanjaan dan pengantaran online yang berbasis aplikasi dan drone," ujar Ivan Tigana, Project Manager qlue-jek melalui video introducing qlue-jek di channel Youtube resminya yang diunggah pada 29 Maret lalu.

Saat beroperasi, qlue-jek bisa membantu mengirim barang yang memiliki berat hingga 5 kilogram dengan jarak tempuh maksimal 25 kilometer. Nggak hanya itu, drone ini pun bisa dikontrol secara otomatis atau manual. "Qlue-Jek juga memiliki speaker untuk berkomunikasi secara dua arah dengan merchant saat pengguna melakukan pemesanan," tambah Ivan.

Drone dari Qlue-Jek sendiri nantinya akan dioperasikan oleh mantan pilot helikopter Badan Search and Rescue di Indonesia. Dengan menggunakan kombinasi remote control dan virtual reality, pilot drone juga bertugas memantau kondisi drone saat di udara. Nggak hanya itu, drone qlue-jek ini nantinya juga bisa dipesan buat melakukan pengambilan gambar kota dari atas. Hasilnya bisa digabungkan dengan aplikasi Smart City besutan mereka.

Kabar gembiranya, buat yang nggak sabar menggunakan layanan ini, qlue-jek disebut sudah siap beroperasi mulai 1 April 2016. Wah siap siap ngelihat drone canggih berterbangan nih. (dhs/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article